Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Penyebab rambut beruban di usia muda beragam, namun keberadaan uban di kepala memang menjengkelkan. Apalagi jika datangnya terlalu awal alias muncul di saat usia masih muda.

Baca Juga: Masih Remaja Tapi Rambut Sudah Beruban, Ini Penyebabnya

Biasanya uban muncul saat usia tua, namun jika ternyata uban datang lebih awal, Anda perlu waspada. Faktanya uban bisa muncul saat usia muda, lantaran usia ternyata bukan faktor utama penyebab rambut berubah warna menjadi putih ini.

Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Di atas sudah dikemukakan jika munculnya uban tidak dipengaruhi oleh usia, karena saat usia masih muda pun, uban bisa saja datang.. Seperti dikutip HR Online dari Times of India, Senin (24/2/2020), berikut faktor yang menyebabkan rambut beruban di usia muda:

Merokok

Rokok tidak hanya berbahaya untuk jantung dan paru-paru. Karena ternyata rokok juga bisa jadi penyebab rambut beruban sebelum waktunya.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan perokok beresiko 2,5 kali lebih besar mengalami rambut beruban sebelum usia tua.

Stress

Jika Anda stress ini berpengaruh juga terhadap rambut. Lantaran terlalu stress akan mempercepat rambut berubah warna dengan cepat.

Polusi

Radikal bebas pada polutan bisa merusak melanin atau zat yang membuat rambut memiliki warna. Karena itu polusi udara akan membuat rambut beruban lebih cepat. Selain itu, polusi juga meningkatkan penyebab rambut beruban di usia muda.

Perubahan Hormon

Penyebab lain yang bisa menyebabkan rambut Anda beruban lebih cepat sebelum waktunya adalah perubahan hormon.

Hal ini terjadi lantaran perubahan horman akan mempengaruhi kepadatan dan warna rambut. Rambut juga bisa rusak dan rontok. Proses ini akan dimulai saat Anda berusia 30-an.

Kekurangan Nutrisi

Nutrisi makanan mempengaruhi warna rambut. Misal Anda kekurangan vitamin B12, alhasil rambut Anda akan cepat berubah warna menjadi putih.

Dalam International Journal of Trichology tercantum hasil penelitian tahun 2016. Di sana tercatat bahwa rendahnya vitamin bisa jadi penyebab rambut beruban di usia muda.

Faktor Genetik

Penyebab selanjutnya untuk rambut beruban lebih cepat adalah faktor genetik atau keturunan. Jika salah seorang keluarga Anda rambutnya beruban sejak usia muda, Anda punya kemungkinan mengalami rambut beruban saat usia masih muda.

Pewarna Rambut

Penyebab rambut beruban di usia muda adalah sering gonta-ganti pewarna rambut. Padahal pewarna rambut ini ada yang mengandung zat yang berbahaya untuk melanin (zat warna) rambut. Zat berbahaya tersebut diantaranya adalah zat hydrogen peroksida yang jadi penyebab rambut cepat beruban.

Cara Mengatasi Rambut Beruban di Usia Muda

Setelah mengenali penyebabnya, penting juga untuk mengatasi rambut beruban. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut beruban. Kalau bisa bahan-bahan tersebut menghilangkan uban secara permanen.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Uban Agar Tidak Tumbuh Lagi

Berikut bahan alami untuk mengatasi rambut beruban secara permanen:

Minyak Kelapa dan Lemon

Bahan alami untuk mengatasi penyebab rambut beruban di usia muda adalah minyak kelapa dan lemon. Anda cukup memeras lemon dan campurkan airnya dengan minyak kelapa sesuai kebutuhan.

Setelah tercampur merata, oleskan campuran tersebut pada rambut. Oleskan sehabis keramas, untuk hasil maksimal oleskan campuran tersebut sambil memijat kepala perlahan. Selanjutnya diamkan 30 menit, saat sudah kering, Anda tinggal membilasnya dengan air bersih.

Biji Pepaya

Biji pepaya memliki pigmen yang mirip melanin atau zat warna pada rambut. Biji papaya cocok untuk membuat rambut menjadi hitam berkilau.

Untuk memanfaatkan biji pepaya sebagai cara mengatasi rambut beruban di usia muda, Anda harus menyangrai biji pepaya terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai sampai kering sampai halus. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Minyak kelapa akan membantu tumbukan sangrai biji pepaya menempel pada rambut saat dioleskan.

Mengatasi penyebab rambut beruban di usia muda dengan memanfaatkan biji pepaya ini, Anda oleskan campuran sangrai biji pepaya tumbuk dengan minyak kelapa pada rambut sambil memijat kepala perlahan. Diamkan selama 30 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

Daun Rambutan

Daun rambutan disebut dalam sebuah penelitian mengandung tannin, polifenol, dan zat saponin. Zat-zat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pigmen rambut sehingga rambut beruban menjadi hitam kembali.

Untuk memanfaatkan daun rambutan sebagai cara mengatasi penyebab rambut beruban di usia muda, pertama cuci daun rambutan, kemudian tumbuk sampai halus.

Selanjutnya tambahkan air sedikit saja dan peras sampai sari-sari daun rambutan berwarna hijau keluar. Sari-sari daun rambutan inilah yang dioleskan pada sambut.

Oles pada rambut sambil kepalanya dipijat, lakukan ini sekitar 5 menit. Selanjutnya diamkan sampai kering, lalu bilas dengan air bersih.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan bahan alami yang cukup populer untuk merawat kesehatan rambut. Selain membuat rambut lebat, minyak kemiri dipercaya mampu menghitamkan rambut.

Karena itu, minyak kemiri cocok untuk mengatasi penyebab rambut beruban di usia muda. Cukup campurkan minyak kemiri dengan perasan satu buah lemon. Tinggal dioleskan ke rambut disertai pijatan. Lalu diamkan selama 30 menit. Setelah kering, bilas dengan air bersih.

Teh Basi

Teh basi jadi salah satu bahan alami yang cukup dikenal untuk mengatasi rambut beruban. Teh basi memang mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut.

Caranya, Anda seduh teh terlebih dahulu, lalu diamkan selama satu hari atau bisa juga selama dua hari. Selanjutnya tinggal dibalurkan pada rambut sampai merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih saat sudah kering.

Lakukan salah satu cara di atas secara rutin tiap hari selama 2 sampai 3 bulan untuk hasil maksimal. Dijamin rambut beruban Anda akan hilang.

Itulah penyebab rambut beruban di usia muda serta cara mengatasinya. Anda punya tips lain untuk mengatasi rambut beruban agar tak tumbuh lagi? (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -