Perbedaan TV LCD dan TV LED, Ternyata Begini!

Perbedaan TV LCD dan TV LED

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Perbedaan TV LCD dan TV LED, Ternyata Begini! Anda sedang memiliki rencana untuk mengganti TV lama Anda dengan yang baru? Sudah tahu Televisi jenis apa yang akan Anda pilih nantinya?

Memang, ada beragam jenis TV dengan tipe layar yang berbeda-beda. Nah, kali ini harapanrakyat.com akan membahas mengenai bedanya TV LCD dan TV LED yang selama ini mungkin sering membuat merasa bingung.

Perbedaan TV LCD dan TV LED

Daya Listrik

TV LED menggunakan material berbahan light emiting diode, sementara TV LCD memiliki material berbahan liquid crystal display.

Kedua jenis TV ini jelas memakan daya listrik yang lebih rendah jika dibandingkan ketika Anda menggunakan TV jenis tabung.

Namun, jika kemudian Anda menanyakan mana diantara kedua tipe TV ini yang paling rendah mengonsumsi listrik, maka TV LED adalah jawabannya.

TV LED lebih hemat karena hanya membutuhkan 20 sampai 30 persen dari TV LCD. Jadi, jika Anda membutuhkan TV dengan daya konsumsi listrik terendah, carilah TV LED yang sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: Wow! Harga Jual Televisi dari Sharp Ini Setara Mobil Baru

Layar

Tidak lengkap membahas mengenai Perbedaan TV LCD dan TV LED tanpa adanya ulasan mengenai ketebalan layarnya. Memang jika dilihat, keduanya tampak tidak memiliki kelebihan yang berarti dan sama-sama ramping.

Namun, saat Anda memperhatikan lebih lagi, maka akan Anda temukan perbedaan bahwa layar TV LCD lebih tebal daripada TV LED.

Hal ini karena penggunaan material berupa cairan yang membutuhkan tempat lebih luas. Selain itu, TV LCD juga cenderung memiliki bobot yang lebih berat daripada TV LED.

Kontras

Perbedaan TV LCD dan TV LED selanjutnya adalah warna kontras. Coba Anda datang ke toko elektronik, kemudian Anda bandingkan antara TV LCD dan TV LED mengenai tingkatan kontras keduanya, tentu akan Anda temui fakta bahwa TV LED jelas lebih unggul dibandingkan TV LCD.

TV LED memiliki warna yang lebih kontras karena menggunakan Light Emiting Diode yang warna latar belakangnya cenderung lebih gelap dan pemilihan warnanya juga lebih komplek.

Sementara itu TV LCD tidak bisa menghalangi cahaya yang datang dari backlight, sehingga kontras warnanya tidak terlalu terlihat dan masih menggunakan teknologi Cold Cathode Fluorescent Lamp sebagai sumber cahayanya.

Baca Juga: Ini Efek Buruk Tidur dengan Televisi Menyala

Daya Tahan

Perbedaan TV LCD dan TV LED selanjutnya adalah berkaitan dengan daya tahan. Salah satu hal yang memperjelas perbedaan kedua tipe TV ini adalah daya tahannya.

TV LED jelas memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan TV LCD, apalagi TV tabung, karena tidak memerlukan konsumsi listrik yang terlalu besar.

Karena tidak mengonsumsi listrik dalam jumlah yang lebih besar, TV LED memiliki kecenderungan lebih adem daripada TV LCD.

Sayangnya, jika TV LED Anda mengalami kerusakan, akan sulit untuk diperbaiki dan harga spare part TV LED juga lebih mahal.

Cek Harga TV LCD dan LED di Lazada dan di Shopee!

Itulah beberapa Perbedaan TV LCD dan TV LED yang dapat kami himpun sebagai pertimbangan Anda dalam memilih TV mana yang terbaik. Jadi, mana sekiranya yang akan Anda pilih antara TV LED dan TV LCD? (Deni/R4/HR-Online)

Loading...