Pesona Curug Quali di Kedungwuluh Pangandaran

Curug Quali
Pemandangan Curug Quali di Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Destinasi wisata Curug Quali yang berada di Dusun Cibuntu, Desa Kedungwuluh, menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Panorama yang indah dan masih alami menjadi alternatif saat berkunjung ke wilayah Pangandaran.

Ketua Pengurus Obwsi Curug Quali, Elan, mengatakan, lokasi tersebut dibuka oleh pihaknya sejak tahun 2017 lalu. Seiring berjalannya waktu, curug tersebut dilakukan penataan agar semakin menarik pengunjung.

“Di sini curug tingginya 12 meter dengan lebar 4 meter dengan kondisi air yang masih jernih. Ada juga spot swafoto yang sangat instagramable,” kata Elan kepada Koran HR, Senin (17/2/2020).

Untuk menempuh ke lokasi ini, kata Elan, pengunjung dapat menempuh sejauh 3 kilometer dari pusat keramaian. Tak hanya kendaraan roda 2, kendaraan roda 4 pun bisa masuk ke lokasi tersebut.

“Karena belum ada tiket, pengunjung hanya dikenakan parkir Rp 2 ribu untuk satu unit kendaraan,” imbuhnya.

Kepala Desa Kedungwuluh, Teti Heryani, mengatakan, destinasi wisata tersebut dikelola oleh warga setempat agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

“Tentu saja adanya potensi wisata ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin demi meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Sementaa itu, Kepala Desa Padaherang, Iwman Surawangsa, mengatakan,  di wilayahnya juga terdapat curug yang bernama Curug Cileutik dengan ketinggian 10 meter. Curug yang dibukan tahun 2018 ini sudah dibuka untuk umum dan pengunjungnya juga cukup banyak dari warga sekitar, terutama saat weekend.

“Saat ini belum ditata seperti di Curug Quali Kedungwuluh. Ke depan kita harap curug ini  dibenahi agar wisatawan semakin tertarik dan betah saat berkunjung,” pungkasnya. (Entang/Koran HR)

Loading...