Pilkades Serentak 2020, 547 Orang Daftar Jadi Bakal Calon Kades

Bakal Calon Kades
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 143 Desa di Kabupaten Ciamis bakal mengikuti Pilkades Serentak tahun 2020 pada 12 April mendatang. Tahapan pendaftaran bakal calon Kades pun sudah dilaksanakan masing-masing panitia Pilkades beberapa waktu lalu.

Antusias masyarakat dalam Pilkades serentak 2020 dinilai cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah pendaftar bakal calon Kades, per 7 Februari 2020 kemarin.

“Dari 143 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak, tercatat sudah ada 547 orang mendaftarkan diri menjadi balon Kades,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, H Lily Romli SH MM, didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Rissa Sugara S.STP M.Si, Senin (10/2/2020).

Menurut Lily, semua desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak, sudah memenuhi persyaratan, yakni pendaftar bakal calon Kadesnya minimal dua orang, bahkan ada yang lebih dari lima calon.

“Saat ini masih dalam tahapan penelitian kelengkapan persyaratan bakal calon dan tahapan memperbaiki atau melengkapi kekurangan persyaratan calon,” katanya.

Lebih lanjut Lily menyebut, Desa dengan pendaftar bakal calon Kadesnya 2 sampai 5 orang sebanyak 125 Desa. Sedangkan desa dengan pendaftarnya lebih dari 5 bakal calon Kades sebanyak 18 Desa.

Sesuai dengan pasal 21 ayat (1) dan (2) Peraturan Bupati Ciamis Nomor 33 tahun 2018, tentang pemilihan dan pengangkatan Kepala Desa, disebutkan jika bakal calon Kepala Desa yang mememnuhi syarat lebih dari lima orang, maka panitia pemilihan melaksanakan seleksi tambahan terhadap semua bakal calon Kades.

“Seleksi tersebut dapat dikerjasamakan dengan lembaga pendidikan formal atau panitia pemilihan Kabupaten,” katanya.

Sesuai dengan jadwal tahapan Pilkades serentak, untuk desa yang bakal calonnya lebih dari lima orang akan melaksanakan tes tertulis di lembaga perguruan tinggi dari tanggal 28 Februari 2020 sampai 2-4 Maret 2020.

“Ada sekitar 122 bakal calon Kades dari 18 Desa yang akan mengikuti seleksi tambahan tersebut,” ungkapnya, seraya mengatakan hasil seleksi nanti yang mengumumkan adalah tim dari akademisi, kita DPMD hanya menfasilitasi, itu pun harus ada surat permohonan dulu dari panitia Pilkades Desa ke DPMD.

Lili menambahkan, Desa yang paling banyak pendaftar Kadesnya yakni Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, mencapai 10 calon.  Desa lainnya yaitu Desa/ Kecamatan Sindangkasih sebanyak 8 orang pendaftar, Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok 8 orang.  

Sementara itu, Desa Golat Kecamatan Panumbangan 7 orang, Desa Muktisari Cipaku 7 orang, Desa Janggala Kecamatan Cidolog 7 orang, Desa/ Kecamatan Baregbeg 7 orang, Desa Gunung Cupu Kecamatan Sindangkasih 7 orang, dan Desa/ Kecamatan Cimaragas 7 orang. (Jujang/Koran HR)

Loading...