PKL Alun-alun Ciamis Dapat Bantuan Gerobak untuk Berjualan dari Kemendag

Gerobak untuk Berjualan dari Kemendag
Pegawai Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Ciamis sedang merangkai gerobak untuk berjualan pemberian dari Kemendag. Foto : Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, menerima gerobak untuk berjualan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Gerobak tersebut nantinya akan diberikan kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Ciamis, Dafid Firda, ketika ditemui HR Online, Selasa (25/2/2020), membenarkan, bahwa pihaknya sudah menerima bantuan dari Kementerian Perdagangan berupa gerobak untuk berjualan.

Dikatakannya, ada sekitar 18 gerobak tempat berjualan yang diberikan. Untuk satu gerobak sudah lengkap dengan kompor serta tabung gas.

“Tinggal nanti pedagang memasang alatnya saja,” katanya.

Lebih lanjut kata Dafid, meski sudah menerima namun pihaknya belum bisa menyalurkan gerobak itu. Pasalnya, terlebih dahulu pihaknya akan melaporkan ke Bupati Ciamis.

“Sehingga nanti mekanisme untuk panyaluran sesuai petunjuk dari Bupati,” ujarnya.

Dafid menuturkan, gerobak yang diterimanya ini diperuntukan buat para PKL yang berjualan di taman Alun-alun Ciamis.

Namun, pihaknya belum bisa memberikan mengingat jumlah gerobak untuk berjualan tidak banyak atau terbatasa, sedangkan jumlah PKL yang ada di alun-alun banyak.

Pasalnya, jika sekarang dibagikan takutnya menjadi polemik antar PKL. Untuk itu, pihaknya belum bisa memberikannya.

“Karena dengan gerobak ini kami ingin semua PKL sama menggunakan, sehingga terlihat bagus kalau PKL tertata dengan baik, salah satunya kesamaan gerobak,” jelasnya.

Dafid melanjutkan, sebelum membagikan terlebih dahulu pihaknya akan melakukan rapat kerja dengan para pengurus PKL di wilayah Ciamis.

Hal tersebut untuk kebaikan dalam melakukan penyaluran gerobak. Jangan sampai nanti timbul polemik kecemburuan antar PKL, akibat ada yang mendapatkan bantuan gerobak.

Demi kelancaran pembagian gerobak untuk berjualan itu, maka pihaknya masih menyimpannya. Sebab, untuk menambal kekurangan pihaknya mengajukan permintaan gerobak tambahan.

“Sehingga, nanti penyaluran gerobak sesuai dengan jumlah PKL. Jika dipaksakan sekarang diberikan, tetap saja tidak bagus karena ini PKL serasi,” ucapnya.

Yang pasti, sambungnya, ini merupakan bantuan yang sangat bagus, karena Pemerintah Ciamis sendiri memang ingin melakukan penataan bagi para PKL.

“Supaya ke depan semua gerobak PKL yang berjualan di wilayah kota Ciamis ada suasana berbeda. Jika gerobak yang dipakai sama bentuknya, pasti jadi daya tarik pengunjung yang datang ke Ciamis,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online)

Loading...