Planet Terpanas di Tata Surya

Planet Terpanas di Tata Surya

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Planet Terpanas di Tata Surya. Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusat tata surya, delapan buah planet, dan jutaan benda langit lainnya.

Dari depalan planet tersebut, hingga saat ini hanya bumi yang bisa ditinggali oleh manusia. Lalu, diantara delapan tersebut, manakah planet terpanas? Berikut ini ulasannya!

Urutan Planet Terpanas

Venus

Venus menjadi planet terpanas di tata surya pertama dengan suhu rata-rata adalah 460 derajat Celcius berdasarkan laman Universe Today.

Suhu yang sangat tinggi ini disebabkan oleh letaknya yang sangat dekat dengan matahari dan ditutupi oleh awan yang tebal yang terdiri dari karbondioksida.

Karbondioksida mencegah panas dari matahari keluar menuju luar angkasa, sehingga planet ini terus-menerus menyerap panas dari matahari.

Oleh karena suhu venus yang tinggi dan kondisinya yang ekstrem, maka sangat kecil kemungkinan bagi manusia untuk dapat tinggal di dalamnya.

Baca Juga: Planet Kesembilan, Ilmuwan Temukan Data Baru

Merkurius

Meskipun berada paling dekat dengan matahari dan sebagai planet terkecil, tetapi Merkurius masuk posisi keda planet terpanas di tata surya.

Suhu terpanasnya bisa mencapai 449 derajat celcius dan suhu terdingin adalah -170 derajat Celcius. Sementara itu, komposisi Merkurius diperkirakan terdiri dari 70 persen logam dan 30 persen silikat.

Merkurius terdiri dari kerak, mantel dan inti planet dimana bagian inti ini menyumbang 42 persen dari keseluruhan planet yang terdiri dari besi dalam jumlah yang besar.

Planet ini memiliki tampilan permukaan yang mirip dengan bulan, yaitu terlihat seperti daratan yang luas dengan kawah yang tidak aktif selama miliaran tahun.

Baca Juga: Fakta Menarik Planet Mars, Menakjubkan!

Bumi

Planet yang manusia tinggali ini berada di urutan ketiga planet terpanas di tata surya dan sebagai planet terdingin di urutan ketujuh.

Suhu terpanas bumi adalah 58 derajat Celcius yang terdapat di Gurun Libya dan membentang ke bagian timur Libya hingga ujung barat laut Sudan.

Permukaan bumi terdiri dari sekitar 71 persen air, dimana 95 persen diantaranya dalam bentuk air laut.

Sementara itu, bagian kerak bumi terdiri 46,6 persen oksigen, 3,6 persen kalsium, 2,6 persen kalium, 2,1 persen magnesium, 5 persen besi, 8,1 persen aluminium, dan 27,7 persen silikon.

Mars

Mars adalah tetangga bumi yang memiliki suhu cukup ramah dibandingkan dengan planet yang lainnya selain bumi, dengan suhu terpanas adalah 20 derajat Celcius, dan suhu terdingin -60 derajat Celcius.

Planet ini memiliki atmosfer yang lebih tipis dari bumi, sehingga kesulitan untuk mempertahankan energi panas.

Baca Juga: Daftar Planet Baru yang Ditemukan NASA

Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya dengan suhu terhangat sebesar -100 derajat Celcius dan suhu terdingin sebesar -160 derajat Celcius di permukaannya hingga 50 kilometer ke atas.

Akan tetapi, di bagian atmosfer planet di ketinggian 1.000 kilometer bisa mencapai suhu 725 derajat Celcius dan suhu inti yang dapat mencapai 35.000 derajat.

Itulah urutan Planet Terpanas di Tata Surya. Semoga menambah wawasan! (Deni/R4/HR-Online)

Loading...