Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita BanjarPuskesmas Banjar 3 Lakukan Fogging Antisipasi DBD

Puskesmas Banjar 3 Lakukan Fogging Antisipasi DBD

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar melalui Puskesmas Banjar 3, melakukan fogging dan pemberantasan sarang nyamuk atau PSN.

Fogging tersebut sebagai tindaklanjut adanya warga terdampak virus demam berdarah dengue atau DBD, yang terjadi di Lingkungan Pintusinga, RT 4/17, Kel/Kota Banjar, Jawa Barat, belum lama ini.

Kepala Puskesmas Banjar 3, Sari Wahyu Ningrum mengatakan, pihaknya melakukan fogging setelah sebelumnya terlebih dulu dilakukan penyelidikan epidemiologi atau PE.

Dari penyelidikan tersebut, hasilnya banyak ditemukan jentik-jentik nyamuk bersarang di sumur warga.

“Banyak ditemukan jentik-jentik nyamuk. Sekarang juga ada warga sini yang sedang dirawat di rumah sakit, karena terinfeksi virus DBD,” tutur Sari kepada awak media,  Sabtu (15/2/2020).

Lurah Kelurahan Banjar, Irfan Fauzi menambahkan, penyemprotan atau fogging dilakukan di dua lokasi, yakni RT 4 dan 5, karena sebelumnya banyak warga terkena penyakit DBD.

Selain itu, di lingkungan tersebut juga termasuk pemukiman padat penduduk, sehingga langsung dilakukan penanganan supaya tidak merebah ke warga yang lain.

Ia mengingatkan kepada warga, bahwa melakukan fogging saja tidak cukup untuk memberantas nyamuk. Tetapi yang lebih penting yaitu menjaga kebersihan lingkungan, dan membiasakan pola hidup sehat.

“Harus ada kesadaran dari masyarakat paling tidak seminggu sekali dilakukan giat bersih di lingkungan, karena butuh upaya bersama semua pihak untuk pencegahan,” imbaunya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru