Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisPWI Akan Gelar UKW di Ciamis, Subagja: Wartawan Anggota PWI Dituntut Kredibel

PWI Akan Gelar UKW di Ciamis, Subagja: Wartawan Anggota PWI Dituntut Kredibel

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, Subagja Hamara, menegaskan, pihaknya akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang rencananya akan digelar pada bulan April dan Desember mendatang. UKW ini akan diikuti oleh sejumlah wartawan anggota PWI dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia).

“Insyaallah tahun ini kami akan menggelar dua kali UKW di Ciamis. UKW pertama akan digelar bulan April dan UKW kedua pada bulan Desember,” kata Subagja, saat memberikan sambutan pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, di halaman kantor PWI Kabupaten Ciamis, Senin (10/02/2020).

Subagja menjelaskan setiap wartawan kini diwajibkan mengikuti UKW. UKW yang melibatkan penguji dari Dewan Pers ini merupakan syarat untuk menentukan seorang wartawan dinilai kredibel atau tidaknya.

“Dalam UKW ini setiap wartawan akan diuji kemampuan jurnalistiknya. Wartawan yang memiliki kemampuan dalam ilmu jurnalistik akan dinyatakan lulus dan mendapat predikat wartawan kredibel,” ujar Pimpinan Redaksi harapanrakyat.com ini.

Di PWI sendiri, kata Subagja, UKW sudah menjadi syarat keanggotaan. Bagi wartawan yang belum mengikuti UKW maka tidak bisa menyandang status anggota biasa.

“Anggota PWI memang dituntut menjadi wartawan kredibel yang dibuktikan melalui UKW. Jadi, tidak sembarang wartawan bisa menjadi anggota PWI,” tegasnya.

Untuk pelaksanaan UKW bulan April, lanjut Subagja, akan dikhususkan untuk anggota PWI Ciamis, Banjar dan Pangandaran serta wartawan televisi dari IJTI.

“Untuk UKW pertama kami khususkan dulu menjaring dari internal PWI Ciamis, Banjar dan Pangandaran serta ditambah wartawan anggota IJTI. Nah, untuk UKW bulan Desember, baru akan menjaring peserta dari wartawan PWI luar daerah atau wartawan yang langsung didaftarkan oleh medianya,” terangnya.

Sementara itu, Asda III Setda Kabupaten Ciamis, Oman Rahman, mengatakan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan UKW yang akan digelar di Ciamis. Menurutnya, peran media sangat penting dan sudah banyak membantu pemerintah daerah dalam menyukseskan berbagai program pembangunan.

“Memang saat ini hampir di semua profesi terdapat uji kompetensi. Apabila di bidang pers terdapat uji kompetensi pastinya kami dukung. Karena kami pun sangat membutuhkan wartawan-wartawan kredibel yang dapat membantu kami dalam menyukseskan berbagai program pembangunan,”pungkasnya. (Fahmi/R8/HR-Online)

- Advertisment -