Rajin Makan Belalang Goreng Bisa Mencerdaskan Otak dan Mencegah Penuaan Dini

Rajin Makan Belalang Goreng Bisa Mencerdaskan Otak dan Mencegah Penuaan Dini
Rajin makan belalang goreng ternyata bisa mencerdaskan otak dan mencegah penuaan dini. Foto:Ist/net

Makan belalang goreng ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh dan tumbuh kembang otak. Kandungan protein yang tinggi pada belalang, sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Dengan protein yang cukup, otak akan dengan mudah memproses dan menerima pesan dari saraf, sehingga informasi yang diterima akan dengan mudah diserap.

Selain mengandung kadar protein yang tinggi, belalang juga memiliki beragam jenis mineral yang baik untuk kesehatan seperti kalsium, potassium, sodium, magnesium,fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat dan berbagai jenis asam lemak, juga terkandung dalam hewan kecil ini.

Tak ayal, karena kandungan berbagai gizi baik dalam belalang, banyak orang masyarakat yang menjadikan belalang sebagai menu utama makan. Mungkin, bagi kebanyakan orang, belalang goreng terdengar aneh.

Selama ini belalang dianggap sebagai hama tanaman yang kerap berada di perkebunan atau pesawahan. Namun tidak sedikit masyarakat yang mengonsumsi hewan tersebut menjadi penganan khas yang lezat dan gurih.

Manfaat Belalang Goreng Untuk Kesehatan

Jika anda ingin mencoba mencicipi belalang goreng, anda bisa berkunjung ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disana anda akan dengan mudah mendapati kuliner berbahan utama belalang.

Namun untuk mendapatkan manfaat dari belalang, anda harus rutin mengonsumsinya. Agar tidak harus bolak-balik ke Yogyakarta hanya untuk mencicipi kuliner belalang, anda bisa mencoba menggoreng sendiri belalang dirumah.

Untuk mendapatkan belalang, anda bisa mencoba sendiri menangkap belalang di sawah atau perkebunan. Bagi masyarakat Jawa Barat, menangkap belalang juga menjadi salah satu tradisi yang masih berjalan. Masyarakat di Jabar biasanya menangkap belalang dengan cara “diobor” pada malam hari.

Di Jawa Barat, belalang dikenal dengan sebutan “simeut”. Sebagian dari masyarakat doyan makan belalang goreng karena rasanya yang gurih dan bikin ketagihan.

Selain gurih dan lezat, lalu apa saja manfaat belalang untuk kesehatan? Berikut kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Mencerdaskan Otak

Kandungan protein yang tinggi pada belalang, sangat bagus untuk kecerdasan otak anak. Dengan protein yang cukup, otak akan dengan mudah memproses dan menerima pesan dari saraf, sehingga informasi yang diterima akan dengan mudah diserap otak.

2. Meremajakan Kulit

Manfaat belalang goreng selain untuk kecerdasan otak, juga mampu meremajakan kulit. Kandungan protein tinggi pada belalang, ternyata berfungsi meregenerasi sel-sel dalam tubuh, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Bagi anda wanita yang berusia diatas 30 tahun lebih,

3. Menurunkan Kolesterol

Jika anda seseorang yang memiliki masalah kolesterol tinggi, anda bisa mencoba mengonsumsi goreng belalang. Belalang mengandung protein tinggi namun rendah mineral dan kolesterol, sehingga rekomended bagi anda yang kerap didera kolesterol tinggi.

4. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Belalang diketahui mengandung kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, dan tembaga, yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Manfaat konsumsi belalang goreng dalam jangka waktu lama juga dipercaya mampu mencegah seseorang terkena osteoporosis.

5. Mengobati Luka

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagian dalam, konsumsi belalang juga baik untuk penyembuhan luka akibat sengatan lebah atau kalajengking. Hal tersebut karena belalang mengandung nutrisi yang mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Konsumsi goreng juga mampu mempercepat penyembuhan luka baik karena terbakar atau ruam kulit.

6. Obati Saking Kuning

Manfaat lainnya dari belalang ternyata bisa menyembuhkan sakit kuning. Caranya, anda tinggal memanggang sekitar 10 ekor belalang lalu hirup asapnya.

7. Baik untuk Bayi dalam Kandungan

Kandungan protein tinggi pada belalang juga sangat baik untuk untuk otak janin. Selain itu, kandungan mineral, vitamin dan asam lemak esensial yang terkandung dalam belalang, sangat penting untuk perkembangan janin dan ibu hamil. Jika anda ibu hamil, cobalah makan goreng belalang, dengan catatan harus konsultasi dan sesuai anjuran dokter.

Itulah beberapa manfaat belalang yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Hanya saja, untuk anda yang ingin mencoba mencicipi belalang goreng, harus berhati-hati. Karena belalang yang bisa dikonsumsi adalah jenis belalang kayu. (Jujang/R8/HR Online)