Selain Bunga Saffron, Inilah Rempah Termahal di Dunia

Selain Bunga Saffron, Inilah Rempah Termahal di Dunia
Selain dijadikan bumbu masak, rempah juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Harga rempah di belahan dunia pun terbilang fantastis, ada yang sampai ratusan juta rupiah. Foto:Ist/Net

Tahukah anda rempah termahal di dunia? Rempah memang identik dengan bumbu masakan, apalagi di Indonesia. Namun, selain dijadikan bumbu masak, rempah juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Orang-orang dulu menggunakan bahan alami rempah untuk mengobati penyakitnya. Di Indonesia, berbagai rempah tumbuh subur. Rempah yang tumbuh subur di Indonesia diantaranya kunyit, lengkuas, jahe, kencur, daun salam dan masih banyak lagi.

Rempah di Indonesia bisa kita dapatkan di pasar tradisional ataupun dari kebun langsung. Namun, ternyata di belahan dunia ini terdapat beberapa rempah-rempah yang dihargai dengan harga fantastis. Lalu apa sajakah rempah termahal di dunia, adakah salah satunya berasal dari Indonesia?

Di belahan dunia ternyata ada lima jenis rempah yang istimewa dan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Untuk diketahui, rempah ternyata sudah digunakan oleh orang Mesir sejak 3.000 tahun sebelum masehi. Hal tersebut berdasarkan penelitian para peneliti di Mesir.

Rempah memang memiliki peranan penting bagi tatanan kehidupan manusia sejak dulu. Bahkan, rempah juga sempat menjadi alat pembayaran. Dulu biji kokoa sempat menjadi alat pembayaran, bahkan biji kokoa dianggap lebih berharga ketimbang emas.

5 Rempah Termahal di Dunia

Nah, ini saatnya kita sebutkan lima rempah termahal di dunia;

1. Saffron

Bunga safron adalah rempah paling mahal nomor satu di dunia. Rempah yang satu ini juga bisa menjadi pewarna alami. Times of India, melaporkan, safron pertama kali ditanam di negara Iran 3.000 tahun yang lalu. Iran pun diketahui sebagai negara yang produksi saffron paling besar di dunia.

Kendati menjadi rempah termahal di dunia, namun safron merupakan rempah paling banyak dicari masyarakat di dunia. Bunga saffron memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Harganya yang mahal disebabkan karena tanaman bunga saffron hanya mekar satu minggu dalam satu tahun.

Alasan saffron menjadi rempah paling di dunia juga karena proses pengolahannya. Memetik bunga saffron memerlukan waktu enam jam dalam sehari. Bahkan untuk menghasilkan 454 gram safron kering saja, diperlukan sekitar 75.000 bunga saffron. Proses pemetikan bunga saffro juga tidak mudah, pasalnya bunga ini hanya tumbuh enam inci dari tanah.

Harga saffron bisa mencapai USD 10.000 atau sekira Rp 140 juta per kilogramnya. Mahalnya harga saffron ini untuk menebus masa panennya singkat. Harganya yang fantastis, membuat saffron berada di urutan pertama rempah termahal di dunia.

Saffron kerap dipakai dalam hidangan Timur Tengah agar memunculkan warna kuning cantik dengan aroma khasnya. Selain untuk bumbu masakan, saffron juga sering digunakan untukpewangi (parfum) dan pewarna pakaian.

Khasiat bunga saffron untuk kesehatan juga sangat banyak, yakni sebagai antioksidan, anti kanker, mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah dan lainnya.

2. Vanilla

Rempah termahal di dunia lainnya yakni vanilla. Vanilla merupakan tanaman yang berasal dari vanili yang biasa digunakan untuk pembuatan kue dan es krim. Rempah ini harganya lumayan mahal namun tetap jadi buruan, karena aroma dan rasanya yang unik. Namun sayang, kini pasokan vanilla sedang menurun lantaran adanya kerusakan lahan di Madagaskar.

Madagaskar sendiri merupakan produsen vanilla paling besar di dunia. Harga vanilla saat ini dikisaran USD 600 hingga 700 atau sekitar Rp 8,4 sampai 9,8 juta perkilogramnya.

3. Mahlab

Rempah termahal di dunia berikutnya bernama mahlab, mahalab, atau mahleb. Rempah ini berasal dari biji ceri St. Lucie yang cukup langka di dunia. Pohon ceri St. Lucie hanya tumbuh di Eropa Selatan, Timur Tengah dan Mediterania.

Awal-awalnya, rempah mahlab ini sering dipakai untuk membuat parfum, namun saat ini mahlab digunakan untuk bumbu dalam masakan. Menurut kabar, cita rasa mahlab adalah kombinasi buah ceri dan almond. Harga mahlab sendiri kisaran USD 68 atau sekitar Rp 957 ribu per 0,45 kilogramnya.

4. Long Pepper

Renpah termahal di dunia yang keempat adalah long pepper. Rempah satu ini menurut kabar sering dipakai bangsa Yunani dan Romawi sejak dulu. Namun saat ini pun, rempah berwarna hitam ini sering juga dipakai dalam sejumlah hidangan di Eropa. Long pepper sendiri mudah ditemui di  Pakistan, India dan Nepal.

Rasa long pepper sedikit mirip lada hitam namun, rasa pedasnya lebih kuat. Long pepper sulit dicari dan harganya pun cukup mahal sekitar USD 45 atau sekitar Rp 633 ribu per 0.45 kilogramnya.

5. Jintan Hitam

Rempah termahal di dunia yang terakhir yakni jintan hitam ataun black cumin. Harga jintan hitam ini kisaran USD 38 atau sekitar Rp 534 ribu per 0,45 kilogramnya. Rempah ini sering dijadikan bumbu masakan di Mesir, India Utara dan Iran. (Jujang/R8/HR Online)