Rumah Atap Sirap untuk Hunian Unik dan Berkesan

rumah atap sirap
Desain rumah atap sirap. Foto: Ist/Net

Rumah atap sirap merupakan salah satu jenis atap yang digunakan oleh beberapa hunian. Jenis atap yang satu ini memang cukup terkenal di beberapa hunian. Lebih tepatnya hanya ada beberapa kawasan yang menggunakan atap sirap.

Atap rumah sendiri merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah hunian. Tanpa adanya atap, maka hunian tidak bisa ditinggali.

Atap juga bisa menjadi cerminan dari tampilan rumah. Oleh karena itu, atap rumah harus didesain semenarik mungkin. Mengingat atap rumah juga bagian dari eksterior.

Rumah Atap Sirap sebagi Hunian

Kini desain dan bentuk atap ada berbagai macam. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan keinginan. Mulai dari desain yang standar hingga desain yang unik.

Biasanya atap rumah didesain dengan unik. Hal ini tentunya dapat dijumpai di berbagai daerah. Hampir setiap hunian memiliki desain atap yang berbeda-beda.

Seperti rumah yang menggunakan atap sirap. Rumah atap sirap kini juga sedang banyak diterapkan. Atap sirap yang biasa digunakan memiliki lembaran yang tipis kemudian memanjang.

Atap sirap ini memang berbeda dengan atap yang lainnya. Perbedaannya dapat dilihat dari bahan yang digunakan oleh atap tersebut. Atap sirap terbuat dari belahan kayu ulin.

Meskipun berasal dari belahan kayu ulin, namun kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Kayu ulin ini memiliki ketahanan yang baik. Bahkan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang lembab dan perubahan suhu lainnya.

Atap sirap ini masih dibagi menjadi beberapa jenis. Apabila anda ingin menggunakan atap sirap, maka tidak perlu mengkhawatirkan tampilannya.

Sebab, atap sirap terdiri dari berbagai macam warna. Apabila pemilihan warnanya tepat, maka hunian yang ditempati juga akan lebih menarik.

Keuntungan Menggunakan Rumah Atap Sirap

Dari banyaknya jenis atap rumah yang digunakan, anda bisa menggunakan atap sirap. Apa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan atap sirap?

1. Memiliki Ukuran yang Ringan

Anda bisa menggunakan jenis atap sirap sebagai atap rumah. Mengapa harus menggunakan atap sirap? Karena atap sirap memiliki banyak keuntungan.

Salah satunya adalah memiliki ukuran yang begitu ringan. Seperti yang diketahui bahwa atap sirap terbuat dari lembaran kayu ulin. Dari bahannya saja sudah pasti berbeda dari yang lain. Pada umumnya atap terbut dari tanah liat dan alderon.

Lembaran kayu ulin ini sangat ringan sehingga jika ada perbaikan tidak terlalu merepotkan. Kemudian kerusakan atap juga bisa diminimalisir.

Perlu diketahui bahwa meskipun ukurannya ringan, namun kekuatannya sangat tangguh. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menggunakan atap sirap.

2. Teruji Ketahanannya

Keuntungan yang selanjutnya dari penggunaan rumah atap sirap adalah tahan lama. Seperti yang diketahui bahwa kayu ulin memang sangat kuat dan teruji.

Sifatnya yang tahan lama akan membuat masa penggunaannya lebih lama. Bahkan jangka waktunya bisa puluhan tahun.

Sifatnya yang tahan lama juga terbukti dari setiap perubahan cuaca. Atap sirap ini mampu bertahan meskipun cuacanya sangat lembab.

3. Tahan Terhadap Panas

Keuntungan yang selanjutnya dari penggunaan rumah atap sirap adalah tahan panas. Atap yang berasal dari kayu ulin ini menyerap panas dengan baik.

Tentunya berbeda dengan atap yang berbahan seng dan keramik. Bahan tersebut membuat suasana ruangan menjadi panas.

Hawa panas akibat sinar matahari dapat ditahan oleh atap sirap ini. Sehingga ruangan akan lebih sejuk dan tidak perlu menggunakan pendingin ruangan lagi.

Para penghuni rumah juga akan semakin nyaman. Bersantai di dalam ruangan tidak akan merasa panas secara berlebihan.

4. Desain Unik dan Menarik

Keunggulan lain dari rumah atap sirap adalah memiliki desain unik dan menarik. Bentuk dari atap sirap sendiri berbeda-beda.

Mulai dari yang persegi panjang hingga kerucut. Tidak hanya bentuknya saja, tetapi juga warnanya. Anda bisa memilih berbagai warna yang menarik.

Mulai dari hitam untuk rumah yang elegan, cokelat tua, merah kekuningan, hingga abu-abu tua. Warna tersebut juga bisa disesuaikan dengan karakter rumah yang dihuni.

Kesan artistik dan unik akan sangat menonjol jika menggunakan atap ini. Tidak hanya itu saja, penggunaan atap sirap juga akan memberikan kesan natural.

Rumah atap sirap memang jarang digunakan sehingga tidak begitu familiar. Namun tidak ada salahnya jika anda menggunakan atap rumah dengan jenis sirap. Tampilan rumah akan semakin menarik dan memberikan kesan berbeda. (R10/HR-Online)

Loading...