Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisSaat Wisata, Anak SD di Ciamis Ini Sematkan Peniti dan Bawang Putih

Saat Wisata, Anak SD di Ciamis Ini Sematkan Peniti dan Bawang Putih

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Ada-ada saja ulah anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Ciamis ini. Agar tidak diganggu makhluk halus saat berkunjung ke obyek wisata Embung, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mereka menyematkan peniti dan bawang putih.

Yusuf Jamaluddin, warga dusun Sindangasih mengaku kaget saat mendapati siswa sekolah dasar yang berkunjung ke wisata Embung menyematkan peniti dan bawang putih.

“Saya sempat nanya ke seorang siswa, dia menjawabnya bawang putih itu dipercaya bisa menghalau mahluk halus,” kata Yusuf kepada HR Online, Minggu (2/2/2020).

Selain bisa dijadikan bumbu dapur, rupanya anak-anak SD itu percaya bawang putih juga mampu menimbulkan efek terhadap mahluk tak kasat mata.

“Kalau soal peniti, ktika ditanya, jawabannya juga sama, katanya sebagai penangkal gangguan dari mahluk halus,” katanya.

Kepercayaan anak-anak SD terhadap mitos tersebut, diduga lantaran didapat mereka secara turun menurun.

“Mungkin karena mitos yang turun temurun, katanya bawang putih yang dikaitkan dengan peniti dianggap memiliki kemampuan mengusir mahluk halus karena aroma tidak sedap yang dimilikinya,” terang Yusuf.

Namun Yusup menegaskan agar tak perlu percaya mitos-mitos tersebut. Terlebih sampai diturunkan kepada anak-anak.

“Sebaiknya orang tua bisa menjelaskan kepada anak-anak, ini untuk menghindari dan menjauhkan dari hal-hal yang dianggap mitos,” katanya.

Mitos peniti dan bawang putih, kata Yusup, seharusnya tidak terus berkembang di masyarakat, apalagi disampaikan kepada anak-anak yang pemikirannya masih labil.

“Apabila hal yang dianggap mitos terus berkembang, tidak menutup kemungkinan dapat memperdangkal aqidah,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

- Advertisment -