Sawah Longsor di Pangandaran Timpa Tambak Ikan dan Kandang Domba

Sawah Longsor
Maman mengevakuasi domba miliknya setelah kandang domba tersebut tertimpa sawah yang longsor. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sawah yang longsor di blok Sawah Girang Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, setelah diguyur hujan deras pada Sabtu (8/2/2020), bukan hanya menimbun sawah namun juga tambak ikan milik warga.

Selain tambak ikan, longsoran tanah itu juga menimpa kandang domba milik Maman. Beruntung, empat ekor domba miliknya berhasil diselamatkan.

Berita Terkait : Diguyur Hujan Deras, Persawahan di Langkaplancar Pangandaran Longsor

“Untung longsor tersebut terjadi di siang hari, jadi sebelum kandang domba terbawa longsoran tersebut, dombanya langsung saya pindahkan ke tampat yang aman,” ucapnya kepada HR Online.

“Semoga sampai hari esok tak ada hujan lagi, karena jika terjadi lagi hujan deras sepertinya longsor itu akan terus melebar,” sambungnya.

Maman menambahkan, rencananya besok Minggu (9/2/2020), akan dilaksanakan kerja bakti untuk membuat saluran air, agar ketika hujan turun airnya tak masuk ke lahan yang rawan longsor.

Diberitakan HR Online sebelumnya, sawah yang longsor itu menimbun sawah seluas kurang lebih 1 hektare, milik 4 orang, yaitu Maman, Bangbang, Hasib, dan Uloh.

Menurut saksi mata, Dadan Ruspendi, kejadian longsor tersebut setelah hujan deras yang terjadi siang tadi sekitar jam 15.10 WIB.

“Debit air yang besar masuk ke pesawahan tersebut, diduga menjadi salah satu penyebab sawah tersebut longsor,” ucapnya. (Cenk/R5/HR-Online)