Minggu, Mei 22, 2022
BerandaArtikelSmartwatch Pertama Oppo, Desainnya Mirip Apple

Smartwatch Pertama Oppo, Desainnya Mirip Apple

Smartwatch pertama Oppo atau sebuah jam tangan pintar akan segera dirilis. Tim yang mendesain Oppo ini membuat wearable gadget terbarunya dengan panutan Apple Watch.

Namun, apabila anda mengamati lebih dekat dan detail, perangkat tidak terlalu sama persis dengan Apple Watch.

Gambar render pada smartwatch Oppo mempunyai dua tombol tap. Sedangkan pada Apple Watch hanya punya satu crown dan tombol saja. Kemudian, diantara kedua tombol tap pada Oppo disematkan microphone.

Desain Smartwatch Pertama Oppo Mirip Apple

Saat ini memang sudah banyak vendor dari smartphone yang telah mempunyai smartwatch. Tujuannya adalah untuk memperkaya bagian dari ekosistem mereka. Misalnya saja, vendor besar seperti Apple, Samsung dan Xiaomi.

Shen Yiren Vice President Oppo mengumumkan di Weibo jika perusahaannya sedang mengerjakan smartwatch. Berita ini merupakan lanjutan dari info sebelumnya.

Berdasarkan informasi sebelumnya, telah ada paten terbaru yang didapatkan Oppo pada awal tahun lalu. Hal tersebut mengenai smartwatch terbaru yang bisa dilipat, yakni smartwatch pertama Oppo.

Selain memberikan tampilan pertama pada jam tangan pintar Oppo, Shen juga menyatakan jika smartwatch ini mempunyai tampilan yang fleksibel. Tepian yang melengkung dari jam tersebut yang membuatnya semakin elegan.

Sistem operasi yang dipakai jam tangan pintar ini secara pasti belum dapat diketahui. Kemungkinan memakai Wear OS dari Google sebagai pilihan utamanya.

Namun, akhir-akhir ini banyak brand China yang menggunakan platform sendiri untuk kebutuhan wearable gadget mereka.

Belum dapat ditentukan juga apakah perangkat ini akan menyematkan fitur Bluetooth dalam spesifikasinya.

Kemungkinan pemakaian jam tangan pintar ini bisa digunakan untuk telepon tanpa bantuan dari smartphone. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah dimana SIM card akan ditempatkan di smartwatch.

Dugaan sementara muncul karena adanya lubang kecil diantara kedua tombol pada smartwatch Oppo. Bisa juga jam tangan ini sebagai pendamping smartphone seperti halnya pada Apple Watch.

Smartwatch Pertama Oppo dengan Sensor ECG

Apple Watch sejauh ini memang merupakan jam tangan pintar yang sangat populer. Khalayak juga menilainya sangat canggih dan menarik.

Maka dari itu, Oppo menjadikannya sebagai panutan. Wajah smartwatch pertama Oppo ini mempunyai layar persegi dengan tepian yang lengkung dan terdapat dua tombol berada di samping sangat ramping.

Sementara pada talinya seperti Sport Brand. Tali ini hampir mirip dengan tali silikon yang ada di Apple Watch. 

Kemungkinan banyak terdapat fitur unggulan dalam jalam tangan pintar ini. Fitur utama yang ada kemungkinan adalah sama seperti Apple Watch Series 5.

Fitur tersebut salah satunya adalah Electrocardiogran atau ECG. ECG dapat mengecek detak jantung dari para pengguna jam tangan pintar Oppo.

Sensor pelacak kebugaran ini akan lebih fungsionalitas. Smartwatch akan lebih berpotensi membantu memperingatkan para pengguna dengan kondisi jantungnya.

Pada Apple terdapat satu tombol dan mahkota yang berputar. Namun, kemungkinan pada smartwatch pertama Oppo tidak akan menyertakan mahkota berputar tersebut.

Hal tersebut dikarenakan tambahan mahkota akan semakin mahal dan rumit untuk smartphone. Sisi kiri dirasa bukanlah tempat yang sangat ergonomis untuk sebuah jam tangan arloji. Kecuali penggunanya merupakan seorang yang kidal.

Layar Oppo lebih bulat dan miring ke arah tepi perangkat. Hal tersebut juga menjadikannya berbeda dengan Apple. Selain itu juga terdapat selubung emas di sekitar panel jam tangan pintar tersebut.

Pengisian Daya Super Cepat

Pada pengisian daya, smartwatch pertama Oppo telah mengabarkan jika smartwatch buatannya mampu mengisi daya secara penuh hanya dalam tempo lima menit saja.

Fitur ini akan semakin membuat kenyamanan bagi para pengguna. Karena, daya tahan baterai menjadi salah satu pertimbangan penting untuk sebuah jam tangan pintar.

Diharapkan jam tangan pintar dengan pengisian daya super ini mampu bersaing di pasaran. Pengembangan jam tangan pintar dari Oppo dijadikan sebagai pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan smartwatch dalam waktu dekat ini.

Harga jam tangan pintar ini beserta spesifikasi yang detail belum ada infonya. Ada kemungkinan juga jika rincian lebih lanjut mengenai perangkat akan diumumkan kemudian.

Smartwatch pertama Oppo ini kabarnya akan mulai diperkenalkan pada ajang Mobile World Congres atau MWC 2020. Kongres akan digelar pada akhir bulan Februari 2020. (R10/HR-Online)

- Advertisment -