Spesies Macan Kumbang Sri Lanka Ditemukan Setelah Diduga Punah

Spesies Macan Kumbang Sri Lanka
Spesies Macan Kumbang Sri Lanka. Foto: Istimewa

Spesies macan kumbang Sri Lanka merupakan salah satu hewan yang dikatakan sudah punah. Sebab, pernah terjadi perburuan liar dan spesies macan kumbang ini punah.

Sebelumnya, para ilmuwan pun memprediksi bahwa macan kumbang tersebut adalah spesies terakhir. Sehingga tidak ada lagi macan kumbang di kawasan Sri Lanka.

Namun kini para ilmuwan kembali menemukan spesies macan kumbang. Spesies tersebut diprediksi asli Sri Lanka. Dengan begitu, spesies macan kumbang tidaklah punah seluruhnya.

Penemuan Kembali Spesies Macan Kumbang Sri Lanka

Macan kumbang memang spesies yang unik dan langka. Hanya ada beberapa negara yang memiliki spesies ini, termasuk Sri Langka.

Macan kumbang ini masuk dalam kategori kucing besar yang memiliki karakteristik tersendiri. Black panther merupakan istilah asing yang digunakan untuk menamai kucing besar ini.

Keberadaannya yang semakin terancam membuat populasi macan kumbang semakin sedikit. Perburuan macan kumbang atau black panther ini sangat banyak sebab hewan ini terkenal unik.

Sebelumnya, spesies macan kumbang Sri Lanka telah ditemukan tewas akibat perangkap. Ini yang membuat keberadaan black panther terancam hingga punah.

Kepunahan tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Sebab, ada sebuah konfirmasi tentang macan kumbang asli Sri Lanka dari DWC.

DWC atau Department of Wildlife Conservation Sri Langka mengungkapkan bahwa masih ada macan kumbang yang tersisa. Spesies macan kumbang tersebut hidup bersembunyi agar tidak diburu lagi.

Konfirmasi dari pihak DWC dibuktikan dari adanya sebuah rekaman tersembunyi. Rekaman tersebut berisi sebuah video yang memunculkan beberapa macan kumbang asli dari Sri Lanka.

Tidak hanya satu ekor saja yang ditemukan, tetapi ada 4 ekor sekaligus. Diperkirakan empat ekor spesies macan kumbang Sri Lanka tersebut adalah keluarga. Macan kumbang jantan dan betina serta dua anaknya.

Penemuan ini dianggap mengejutkan oleh para peneliti. Sebelumnya, tujuan para peneliti adalah ingin merekam hewan langka yang ada di kawasan lereng Gunung Adam.

Namun hasil rekaman yang didapatkan cukup mengagumkan. Sekelompok macan kumbang asli Sri Lanka benar-benar masih ada.

Spesies Macan Kumbang Sri Lanka

Keberadaan spesies macan kumbang cukup tersebar di berbagai benua. Meskipun begitu, tidak semua macan kumbang akan hidup aman, apalagi banyaknya perburuan liar.

Perlu diketahui bahwa macan kumbang yang ada di setiap kawasan berbeda-beda. Terutama dalam hal nama atau istilah.

Seperti di Sri Lanka sendiri, macan kumbang ini memiliki nama panthera pardus kotiya. Kemudian di kawasan Afrika dan Asia lebih dikenal dengan leopard atau macan tutul.

Lalu di Amerika lebih dikenal dengan jaguar. Beberapa istilah tersebut sebenarnya tidak asing. Namun sebagian orang tidak mengetahui bahwa mereka satu jenis spesies.

Di kawasan Sri Lanka kurang lebih hanya tersisa 700 ekor saja. Tidak heran jika memang macan kumbang asli Sri Lanka dikatakan langka.

Spesies macan kumbang Sri Lanka ini memiliki keunikan terkait dengan bagian tubuhnya. Lebih tepatnya pada bagian kulitnya.

Bagian kulit atau mantel dari macan kumbang dapat mengalami perubahan. Perubahan ini terkait dengan adaptasi melanisme yang yang dilakukan oleh macan kumbang.

Melanisme sendiri merupakan istilah yang berarti mutasi genetik pada hewan. Mutasi ini terkait dengan tingkat melanin pigmen yang begitu tinggi.

Perubahan melanisme pada macan kumbang ini mengakibatkan warna kulitnya berubah hitam pekat. Namun disertai dengan bintik halus.

Bahkan ada beberapa pola roset yang ada di kulit macan kumbang tersebut. Tujuannya adalah untuk menyamar saat ada di kegelapan.

Perubahan melanisme tersebut memiliki sebuah kebalikan yaitu albinisme. Istilah albinisme juga memiliki arti bahwa kulit hewan terlihat pucat seperti kekurangan pigmen.

Dari perubahan melanisme itulah yang menjadi alasan mengapa spesies macan kumbang Sri Lanka sangat unik. Jumlahnya yang sangat terbatas juga diakibatkan karena perburuan kulitnya tersebut.

Populasi spesies macan kumbang yang menurun membuat pihak konservasi harus lebih waspada. Khususnya untuk Department of Wildlife Conservation yang telah menemukan macan kumbang asli Sri Lanka.

Tujuannya untuk melindungi spesies macan kumbang asli Sri Lanka yang masih tersisa saat ini. Spesies yang telah ditemukan harus dilindungi. Karena bisa jadi hanya sekelompok keluarga macan kumbang itulah yang tersisa.

Sebagai salah satu hewan langka, spesies macan kumbang Sri Lanka memang seharusnya dilindungi. Perlindungan ini bisa dilakukan langsung dengan melarang adanya perburuan liar pada macan kumbang. (R10/HR-Online)

Loading...