Spesifikasi Fujifilm X100V Terlengkap, Hadir dengan Lensa Baru

Spesifikasi Fujifilm X100V
Spesifikasi Fujifilm X100V. Foto: Istimewa

Spesifikasi Fujifilm X100V telah diumumkan oleh pihak Fujifilm. Hadir dengan sensor X-Tran CMOS BSI yang mempunyai resolusi 26,1 MP. Sensor ini hampir sama dengan X-Pro3 flagship.

X100V mampu memberikan kecepatan pengambilan gambar serta peningkatan performa memotret dalam cahaya yang minim karena adanya tambahan X-Processor 4.

Inilah Spesifikasi Fujifilm X100V

Kamera kelima keluaran Fujifilm seri X100 ini mengalami sejumlah peningkatan. Spesifikasi X100Vlebih handal apabila dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Terdapat filter simulations baru dan juga beberapa fitur tambahan pada softwarenya. Mulai dari HDR serta pengaturan pada clarity yang sebelumnya telah hadir di X-Pro3.

Baca juga: Spesifikasi Fujifilm X-T200 Lebih Canggih, Simak Penjelasannya

Gaya rangefinder masih dipertahankan oleh Fujifilm X100V ini. Kamera dilengkapi dengan beberapa tombol putar serta kontrol secara manual.

Disamping itu juga mengusung lensa baru, yakni 23 mm f/2.0. Lensa ini diklaim mempunyai distorsi yang lebih kecil bila dibandingkan dengan kamera X100 versi sebelumnya.

Performa X100V

Spesifikasi Fujifilm X100V mampu untuk memotret sekitar 11 fps dengan menggunakan AF continuous atau 20 fps memakai shutter elektronik. Sementara pada model sebelumnya hanya mampu menghadirkan 8 fps.

Hal ini berkat adanya dukungan prosesor dan sensor gambar baru. AF yang dimiliki bisa mendeteksi sampai 429 titik seperti pada XX-T3 dan X-Pro3.

Selain itu, terdapat fitur pendeteksi wajah, mata dan subyek. Hal tersebut sangat bermanfaat ketika kamera dipakai memotret di jalanan.

Spesifikasi Fujifilm X100V pada lensa tetap 23 mm f/2.0 juga telah dipasangkan pada kamera ini agar dapat berjalan dengan optimal yang disertai dengan sensor tipe baru tersebut.

Rancangan lensa yang dibuat sedemikian rupa supaya minim gangguan distorsi dan dapat mengambil gambar dengan resolusi  tinggi.

Baca juga: Fujifilm X-Pro3 Resmi Diboyong dengan Harga Rp 28 Jutaan

Dari segi ukuran, kamera ini masih sama dengan versi pendahulunya. Sehingga sangat kompatibel dengan konversi telefoto TCL-X100 II dan lensa lebar WCL X100II.

Filter internal neureal density ditingkatkan menjadi empat tingkat. Saat pengambilan gambar di bawah terik matahari pun akan semakin mudah.

Body dan Layar X100V

Pada bagian belakang layar LCD telah dilengkapi dengan engsel dua arah. Dengan demikian, saat mengambil foto pada komposisi bersudut rendah atau sebaliknya begitu mudah.

Engsel tersebut memungkinkan layar belakang dapat dilipat ke atas dan ke bawah. Pengguna semakin dimudahkan saat membuat vlog.

Pada panel layar LCDnya mempunyai resolusi 1,62 juta dot. Peningkatan ini sangat signifikan bila anda membandingkannya dengan X100F, yakni hanya 1,04 juta dot.

Kelebihan lain, spesifikasi Fujifilm X100V telah ditingkatkan pada sistem viewfindernya. Sistem ini menggabungkan antara viewfinder elektronik atau EVF dan viewfinder optik.

Sehingga saat melakukan pemotretan akan diketahui mengenai informasi pemotretan tersebut secara detail.

Resolusi pada panel EVF tersebut 3,69 juta dot. X100V juga telah dibekali dengan 17 simulasi film, Eterna serta Classic Negative.

Kemampuan merekam video dengan kecepatan 30 fps pada kedalaman warna 10 bit dan resolusinya 4K. Selain itu juga terdapat perekaman slow-motion yang mempunyai resolusi Full HD berkecepatan 120 fps.

Material yang membungkus body kamera ini menggunakan aluminium yang dilapisi satin. Generasi sebelumnya menggunakan basis aluminium alloy. Body kamera nirlensa ini diklaim akan lebih tahan terhadap cuaca.

Pada body X100V dibekali joystick yang memberi kemudahan saat mengakses kontrol menu. Joystick juga dapat digunakan untuk menentukan titik fokus terhadap subyek yang dikehendaki.

Daya Tahan Baterai

Kapasitas baterai yang mumpuni mampu membuat kamera bertahan hingga 350 pemotretan saat menggunakan EVF. Ketika menggunakan viewfinder optik mampu memotret hingga 420 kali.

Kelengkapan lain pada spesifikasi Fujifilm X100V adalah port USB-C 3.1. Fitur konektivitas ini akan membuat transfer data berjalan lebih cepat.

Baca juga: Kamera Mirrorless Fujifilm X-Pro3 Dirumorkan Meluncur Tahun Ini

Namun sayang sekali X100V ini hanya mendukung slot kartu UHS-1. Sehingga saat melakukan pemotretan continuous kecepatannya akan dibatasi.

Harga Fujifilm X100V

Harga dan ketersediaan kamera Fujifilm terbaru ini kemungkinan ada pada akhir bulan Februari 2020.

Harga yang dibanderol adalah 1.400 US Dollar atau sekitar 19 juta sebanding dengan spesifikasi Fujifilm X100V. Tersedia dalam warna yang sangat memukau, yakni hitam dan perak.

Berbagai perubahan pada kamera terbaru Fujifilm membuat performanya semakin handal. Mulai dari perubahan desain body, peningkatan lensa kamera dan tambahan fitur yang menarik akan lebih memanjakan para pengguna.

Spesifikasi Fujifilm X100V yang semakin ditingkatkan dari generasi sebelumnya akan lebih mumpuni saat digunakan. Fujifilm terus berupaya melakukan perubahan pada produk-produknya. (R10/HR-Online)