Spesifikasi Nikon Z50, Kamera dengan Sensor APS-C

spesifikasi nikon z50
Kamera Nikon Z50. Foto: Ist/Net

Spesifikasi Nikon Z50 merupakan kamera mirrorless Z-series terbaru dari Nikon. Hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

Pihak Nikon telah mengkonfirmasi jika telah mempunyai kamera mirrorless seri terbaru, yakni Nikon Z50.

Namun, berdasarkan Ubergizmo yang menyatakan jika kamera ini sepenuhnya bukanlah kamera full frame mirrorless. Dikarenakan telah menggunakan sensor APS-C, sehingga cukup untuk dipakai oleh para fotografer.

Spesifikasi Nikon Z50, Harga Lebih Terjangkau

Nikon Z50 adalah kamera dari Nikon dengan menggunakan mirrorless Z-mount pertama dengan sensor APS-C yang mempunyai ukuran lebih kecil.

Hal ini sangat berbeda dengan dua kamera saudara, yakni Z6 dan Z7 yang telah dibekali dengan sensor berukuran full frame.

Namun dari segi kemampuan, spesifikasi Nikon Z50 tidak perlu diragukan lagi. Fitur-fitur yang dibawa juga sangat canggih dan menarik.

Nikon Z50 ini hampir mirip dengan DSLR. Harganya lebih terjangkau, namun sensor yang dibenamkan juga terbilang lebih kecil. Sensor yang digunakan adalah DX BSI-CMOS atau lebih sering dikenal dengan istilah APS-C.

Z50 memakai mounting Z terbaru dari Nikon, sama seperti pada kamera edisi sebelumnya. Dengan kata lain, anda seperti menggunakan kamera Nikon Z6 dan Z7 pada Z50 ini.

Tidak hanya itu, Nikon Z50 juga mempunyai ISO sampai 51.200. Sistem AF Hybrid di 209 titik dengan kecepatan pemotretan hingga 11 fps juga dimiliki kamera ini.

Ketangguhan kamera bisa diandalkan meskipun dari segi body sangat ramping. Terbuat dari bahan magnesium alloy dan grip pada rangkanya sehingga saat digenggam sangat nyaman.

Harga yang ditawarkan oleh kamera Nikon Z50 ini tidak terlalu mahal. Sangat sebanding dengan ukuran kamera dan fitur-fitur yang lengkap.

Spesifikasi Nikon Z50 Cocok untuk Vlogger

Desain Nikon Z50 hampir sama dengan kebanyakan kamera zaman sekarang. Desainnya sangat memudahkan untuk digunakan para content creator dalam membuat video yang berkualitas secara mandiri.

Pengoperasian kamera ini sangat mudah dengan berbagai fitur yang canggih. LCD touchscreen dengan luas 3,2 inci yang ada dapat dilipat sampai 180 derajat ke arah bawah.

Dengan demikian, anda bisa memperoleh framing serta komposisi yang sangat ideal. Spesifikasi Nikon Z50 yang canggih memungkinkan anda membuat vlog sendirian tanpa bantuan orang lain.

Dikabarkan pula bahwa Nikon juga telah merilis tripod khusus. Tripod ini hampir mirip dengan GorrilaPoda yang dimiliki Joby. Desainnya tidak menutupi layar pada LCD.

Jika anda ingin memotret seperti biasa, viewfinder OLED yang beresolusi 2,36 juta dot dapat anda manfaatkan.

Fitur Nikon Z50

Resolusi yang dimiliki Nikon Z50 20,9 MP jika digunakan dalam mode continous. Selain itu, juga mempunyai kecepatan hingga 11 fps AE/AF dan 5 fps Live View.

Pada sektor autofokus, spesifikasi Nikon Z50 mempunyai 209 titik autofokus dengan phase detection. Bahkan sudah dilengkapi dengan Eye Detection AF Nikon.

Kamera ini mempunyai jarak jangkauan Flash hingga sepanjang 7 meter pada ISO 100. Kemudian untuk shutter speednya minimal 30 detik dan maksimal 1/4000 detik.

Tidak hanya handal dalam urusan foto, kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil yang memuaskan.

Anda bisa merekam video dengan resolusi 4K sampai 30p. Meskipun harus merasa puas dengan 1,5x crop sensor yang terdapat pada Nikon Z50.

Namun hal ini menjadikan kamera ini mempunyai keunggulan, dapat digunakan untuk foto dan video. Selain itu, juga terdapat fitur Slow Motion 120 fps.

Fitur ini dapat digunakan untuk merekam video yang lebih dramatis. Kelengkapan jack untuk mikrofon eksternal juga akan memungkinkan audio rekaman anda lebih berkualitas.

Spesifikasi Nikon Z50 juga dilengkapi dengan konektivitas, termasuk Wifi dan Bluetooth. Selain itu, juga ada USB 2.0 dengan 480 Mbit per detik.

Namun sayangnya, kamera ini belum dilengkapi dengan headphone jack agar dapat memonitor rekaman. Seperti halnya pada fitur yang ada di Z6 dan Z7.

Agar konten video semakin bagus, anda dapat merekam video timelapse yang bisa diproses langsung di dalam Z50.

Masalah harga, Nikon Z50 dibanderol dengan kisaran 999,95 Dollar AS atau sekitar Rp14 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk lensa VR 16-50 mm dengan f/3.5 – 6.3.

Kamera Nikon Z50 dari seri Z ini dapat anda jadikan alternatif untuk pembelian kamera dengan harga terjangkau. Namun spesifikasi Nikon Z50 tidak perlu diragukan lagi. (R10/HR-Online)