Samsung Galaxy Z Flip Diluncurkan 11 Februari 2020, Cek Spesifikasi dan Harga di Sini!

Samsung Galaxy Z Flip akan diluncurkan 11 Februari 2020 bersamaan dengan Galaxy S20 series.
Samsung Galaxy Z Flip akan diluncurkan 11 Februari 2020 bersamaan dengan Galaxy S20 series. Foto: GSMArena.

Samsung Galaxy Z Flip akan diluncurkan 11 Februari 2020 bersamaan dengan Galaxy S20 series. Samsung Galaxy Z Flip menjadi smartphone layar lipat kedua yang produksi oleh perusahaan asal Korea Selatan, setelah sebelumnya  meluncurkan Galaxy Fold di tahun 2019 lalu.

Dikutip dari GSMArena, Rabu (31/01/2020), smartphone layar lipat terbaru dari Samsung itu diprediksi bakal menjadi salah satu ponsel paling populer.

Meski belum resmi diluncurkan, namun spesifikasi dari Samsung Galaxy Z Filp sudah lebih dulu bocor di dunia maya. Berikut ini bocoran lengkapnya.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Z Flip

Desain

Berbeda dengan pendahulunya, Galaxy Fold, kali ini Samsung mengusung desain clamshell untuk smartphone layar lipat terbarunya, Galaxy Z Flip, sehingga perangkat ini bisa dilipatkan dengan sumbu horizontal, dan Infinix Flex.

Layar

Resolusi layarnya Full HD Plus hingga dukungan HDR Plus. Kemudian, bagian cangkangnya dibekali layar kecil 1,06 inci yang posisinya disimpan di samping dua kamera.

Untuk kenyamanan pengguna, layar kecil tersebut sudah mendukung fitur Always-on Display melalui panel Super AMOLED.

Kemudian, panel bagian depannya juga telah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 6 dengan desain pinggiran yang melengkung.

Kamera

Di sektor fotografi, Samsung Galaxy Z Flip akan dibekali dual kamera belakang yang terdiri dari kamera dual pixel AF beresolusi 12 MP dan 12 MP ultra-wide, berikut dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization (OIS).

Sementara, untuk kamera depan beresolusi 10 MP yang didesain punch hole, dan sudah medukung perekaman hingga 4K 60fbs pada kamera belakang, serta 4K 30fbs kamera depan.

Baterai

Untuk menjamin eksistensi, Samsung Galaxy Z Flip kemungkinan akan dibekali baterai berkapasitas 3.300 mAh, didukung Quick Charge 15W serta dilengkapi Qi Wireless Charging 9Watt.

Sedangkan, untuk keamanan perangkat terdapat pemindai sidik jari yang akan ditempatkan di bagian sisi bodi perangkat layar lipat ini.

Dapur Pacu

Samsung Galaxy Z Flip menjalankan sisten operasi Android 10, antarmuka One UI 2.0 dengan didukung prosesor Snapdragon 855 Plus, RAM 8GB serta penyimpanan internal 256GB dan UfS 3.0.

Namun sayangnya, perangkat layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip ini kabarnya tidak mendukung penggunaan microSD.

Harga

HP layar lipat penerus Galaxy Fold ini bakal dibanderol dengan harga € 1.500 hingga € 1.400 atau setara Rp 21 juta-Rp 23 jutaan.

Peluncurannya dijadwakan akan berlangsung tanggal 11 Februari 2020, sedangkan untuk penjualan perdananya bertepatan dengan Valentine Day tanggal 14 Februari.

Galaxy S20 Series

Samsung Galaxy Z Flip akan diluncurkan 11 Februari 2020 bersamaan dengan Galaxy S20 series. Foto: GSMArena.

Samsung Galaxy S20 series akan diluncurkan 11 Februari 2020 bersamaan dengan Galaxy Z Flip. Setelah diluncurkan nanti, kabarnya Galaxy S20 series akan tiba di Indonesia tanggal 6 Maret 2020.

Ada tiga varian Samsung Galaxy S20 yang akan ditawarkan, yakni Galaxy S20, Galaxy S20 Ultra, dan Galaxy S20+. Namun, untuk pre-order atau pemesannya belum diketahui kapan dimulainya.

Meski begitu, Samsung sudah membuka pendaftaran bagi yang ingin membeli smartphone Galaxy S20 series melalui website resmi Samsung.

Bagi calon pembeli harus mengirimkan email, dan nantinya Samsung akan memberikan informasi detailnya mengenai pre-order yang dikirim ke email tersebut.

Harga

Berdasarkan informasi yang telah terugkap sebelumnya, Samsung Galaxy S20 akan dijual di Perancis dengan harga EUR900 lebih, atau sekitar Rp 13 jutaan.

Sedangkan, untuk Galaxy S20+ akan dijual lebih tinggi, yakni EUR1.000 atau setara Rp 15 jutaan, dan Galaxy S20 Ultra dibandrol harga EUR1.300 lebih, atau sekitar Rp 19 jutaan. (Eva/R3/HR-Online)