Kamis, Mei 26, 2022
BerandaArtikelSpesifikasi Sigma FP, Kamera Mirrorless Fullframe Termungil

Spesifikasi Sigma FP, Kamera Mirrorless Fullframe Termungil

Spesifikasi Sigma FP sangat mumpuni meskipun kamera terbilang sangat mungil. Anda dengan mudah dapat membawanya di dalam saku celana.

Sigma FP merupakan kamera lensa fullframe pertama dari Sigma. Kamera mirrorless 24,6 MP ini mempunyai lensa dan aksesori sendiri.

Sigma telah bermitra dengan Panasonic dan Leica dalam aliansi L-mount. Dengan demikian, dapat dipastikan jika tersedia FP lebih dari 40 lensa prima dan zoom.

Review Spesifikasi Sigma FP

Rumor Sigma yang akan membuat beberapa lensa baru untuk kamera mirrorless telah berhembus dari beberapa hari yang lalu. Sigma telah mengumumkan kamera kecilnya dengan L-mount dan sensor fullframe.

Konsep yang berbeda dengan Panasonic dan Leica ini dibuat sekecil dan sesederhana mungkin. Jika Panasonic dan Leica lebih mengincar fotografer profesional dan enthusiasts.

Ukuran dan spesifikasi Sigma FP yang ini lebih kecil bila dibandingkan dengan buku passport. Bobotnya hanya mencapai 370 gram jika dipasang tanpa baterai dan memory card.

Kamera ini tidak mempunyai shutter mekanik. Jadi, hanya mengandalkan shutter elektronik tanpa getaran dan senyap seperti halnya kamera ponsel.

Sehingga terdapat distorsi skew saat membidik subyek yang bergerak cepat. Penggunaan flash sync dibatasi menjadi 1/30 detik dan 1/15 jika foto di RAW 14 bit. Kecepatan shutter juga dibatasi maksimal 5 menit.

Kamera dapat memotret secepat 18 foto per detik secara berturut-turut. Namun hanya dibatasi sebanyak 12 foto pada buffernya.

Agar lebih optimal, penggunaan Sigma FP dapat ditambahkan dengan aksesoris seperti grip dan hotshoe untuk memasang flash.

Desain dan Layar Kamera

Spesifikasi Sigma FP pada bagian atas kamera terdapat tuas khusus. Gunanya untuk memindahkan mode dari foto atau still ke video atau Cine. Tuas tersebut sangat mendukung pengguna yang gemar akan fotografi dan videografi.

Kemudian pada bagian atas dan sisi kamera juga terdapat heatsink. Heatsink ini bermanfaat untuk mengeluarkan panas agar kamera tidak overheat jika dipakai dalam jangka waktu yang lama untuk saat merekam video.

Layar bagian belakang kamera menggunakan LCD yang beresolusi 2.1 jt titik yang terlihat mendominasi.

Sigma telah menyiapkan aksesoris eyepiece untuk membantu para pengguna dalam situasi yang sangat terang. Karena kamera ini tidak dilengkapi dengan jendela bidik.

Performa Sigma FP

Spesifikasi utama pada kamera mirrorless fullframe ini menggunakan sensor 24.6 MP BSI CMOS Fullframe sensor atau 35.9 mm × 23.9 mm.

Sistem filter warna menggunakan Filter warna primer RGB. Format file gambar diam RAW terkompresi lossless atau DNG 12 atau 14 bit, JPEG dan RAW + JPEG.

Fokus pada sistem deteksi kontras, AF Tunggal, AF Berlanjut atau dengan fungsi prediksi objek bergerak dan Fokus Manual.

Spesifikasi Sigma FP juga dilengkapi dengan beberapa mode. Diantaranya adalah mode AF, yakni mode otomatis, mode pemilihan 49 poin, mode gerakan bebas, mode AF deteksi wajah atau mata dan mode AF pelacakan.

Mode pemotretan gambar diam terdapat program AE, AE shutter speed ​​priority, aperture priority AE dan manual.

Sementara untuk drive terdapat pemotretan tunggal, pemotretan bersambungan, self-timer dan pemotretan interval kecepatan.

Kelebihan lain pada spesifikasi Sigma FP terdapat mode warna 12 jenis. Diantaranya adalah Standar, Jelas, Netral, Potret, Lanskap, Bioskop, Teal & Orange, Sunset Red, Hutan Hijau, FOV Klasik Biru, FOV Klasik Kuning serta Monokrom.

Baterai yang dibenamkan pada kamera ini adalah Li-ion BP-51. Catu daya USB tersedia saat daya dimatikan.

Harga dan Ketersediaan Sigma FP

Sigma FP yang merupakan kamera mirrorless teringan dan terkecil telah diumumkan pada bulan Juli 2019. Ketersediaannya ada mulai bulan Desember 2019.

Spesifikasi Sigma FP  yang merupakan kamera mungil dibanderol 1.899 US Dollar atau sekitar 31 juta. Sementara untuk paket lensa 45 mm f/2.8 dengan harga di atas 36 juta.

Desain kamera ini cukup menarik dan berbeda dengan yang lainnya. Sangat cocok bagi anda yang menyukai kamera fullframe.

Saat merekam video lebih berkualitas, bahkan untuk grading atau editing sekalipun. Karena juga dapat merekam Cinema DNG 12 bit yang beresolusi 4K/24 fps All Intra Recording.

Budget yang terbatas membuat Sigma FP sebagai pilihan yang cocok. Spesifikasi Sigma FP terbilang sangat lengkap meskipun kamera sangat mini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -