Taiwan Negara dengan Internet Paling Ngebut, Indonesia?

Ilustrasi negara dengan internet paling ngebut
Ilustrasi negara dengan internet paling ngebut. Foto : net/ist

Negara dengan internet paling ngebut versi WebsiteToolTester saat ini diduduki oleh Taiwan. WebsiteToolTester sendiri melakukan penelitian terhadap 207 negara di seluruh dunia untuk mengetahui negara dengan internet paling cepat.

Sementara untuk tempat kedua ditempati oleh negara Asia Tenggara, Singapura, kemudian Jersey diposisi ketiga yang masuk daftar tempat yang memiliki koneksi internet paling cepat di dunia.

Taiwan sebagai jawara dengan kecepatan internet 85,02 Mbps. Tentunya, mempunyai internet super ngebut ini, maka di Taiwan bisa mendownload film dengan kualitas tinggi hanya dalam waktu 8 detik saja.

CEO WebsiteToolTester, Robert Brandl, seperti diberitakan Daily Mail belum lama ini mengatakan, dengan kecepatan internet seperti di Taiwan tidak akan ada yang menjadi frustasi, terlebih saat sedang melakukan pekerjaan.

“Taiwan dan Singapura ditambah negara kecil seperti Jersey yang merupakan negara dengan internet paling ngebut ini, tentu sangat menarik guna melihat pusat bisnis,” katanya.

Brandl mengungkapkan, bahwa koneksi internet di Taiwan sudah mengalami peningkatan selama tahun ini.

Sebelum menjadi jawara negara dengan internet tercepat di dunia, Taiwan sendiri dalam bidang teknologi merupakan industri yang paling kritis.

Namun setelah itu, pemerintah Taiwan terus melakukan inovasi dan dorongan untuk melakukan investasi besar-besaran di bidang infrastruktur digital. Itulah yang membuat kecepatan internet di negara tersebut sangat cepat serta tersedia untuk bisnis.

Itu dibuktikan dengan perdagangan belanja online lintas batas yang bertumbuh kuat. Selain itu, Taiwan mengambil langkah besar guna mengembangkan ekonomi digital, yang meliputi media digital serta layanan elektronik.

Untuk mengetahui negara dengan internet paling cepat, para peneliti WebsiteToolTester terlebih dulu mempelajari data yang dikirimkan oleh pemakai internet, yaitu dengan cara melalui test kecepatan online.

Kecepatan internet sendiri di setiap negara berubah-ubah. Di tahun 2018 kecepatan sekitar 9 Mbps, dan di tahun 2019 lebih dari 11 Mbps.

Posisi Indonesia pada Negara dengan Internet Paling Ngebut

Posisi kedua negara yang memiliki internet paling cepat adalah Singapura, dengan kecepatan 70,86 Mbps. Kemudian peringkat ketiga negara kecil Jersey dengan kecepatan 67,46 Mbps.

Sedangkan peringkat keempat dan kelima diduduki negara Eropa yaitu Swedia dengan 55,18 Mbps dan Denmark yang memiliki kecepatan internet 29,19 Mbps.

Selanjutnya posisi keenam yang masuk dalam negara dengan internet paling cepat ada Jepang dengan kecepatan 42,77 Mbps, lalu Luksemburg diposisi ketujuh 41,69 Mbps.

Posisi delapan ada Belanda 40,21 Mbps, kesembilan Swiss 38,85 Mbps dan sepuluh ada San Marino dengan kecepatan internet 38,73 Mbps.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Dari 207 negara yang diteliti oleh WebsiteToolTester, Indonesia menduduki peringkat ke-92 dengan kecepatan internet 6,65 Mbps.

Di bawah Indonesia sebagai negara dengan internet paling ngebut ada Greenland 6,51 Mbps, kemudian Bahrain dengan kecepatan internet 6,24 Mbps.

Jika Taiwan masuk dalam negara dengan internet paling ngebut, maka Yaman adalah paling lemot dengan kecepatan internet 0,38 Mbps.

Di atas Yaman ada Timor Leste 0,45 Mbps, kemudian Equatorial Guinea kecepatan internet 0,51 Mbps, dan di atasnya lagi ada Mauritania hanya 0,59 Mbps. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...