Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruTakut Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak? Baca Ini Dulu!

Takut Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak? Baca Ini Dulu!

Asupan makanan yang mengandung lemak sebenarnya sangat penting. Makan makanan berlemak bukan saja karena dibutuhkan tubuh, namun juga untuk menjaga kelangsungan hidup umat manusia.

Makanan atau minuman merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Tanpa makan manusia tidak akan memiliki energi atau tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk hidup.

Namun yang mesti kita ketahui bahwa tidak semua makanan itu baik untuk tubuh. Hal ini karena ada banyak jenis makanan yang mengandung zat yang justru berbahaya, bisa berupa racun, zat kimia, atau lainnya.

Baca juga: Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Salah satu makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Mengkonsumsi makanan semacam ini dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Sebenarnya lemak itu sendiri dibutuhkan tubuh. Fungsi lemak penting untuk proses metabolisme dari vitamin yang larut di dalam lemak, seperti vitamin A, D dan E. Lemak juga merupakan komponen utama dari membran sel.

Namun kebutuhan tubuh terhadap lemak tidaklah banyak. Mengkonsumsi lemak dalam jumlah berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Penumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh juga dapat menyumbat peredaran darah.

Bahkan tak sedikit penyakit mematikan yang muncul akibat konsumsi lemak yang berlebihan. Diantaranya kolestrol tinggi, penyakit jantung, dan yang lebih parah lagi yaitu penyakit mematikan seperti kanker.

Takaran Asupan Makanan yang Mengandung Lemak

Pola makan yang sehat bukanlah dengan menghindari atau tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sama sekali. Jika ini dilakukan bukan saja tubuh akan cepat lemas namun juga bisa mengganggu metabolisme tubuh.

Hal yang diperlukan adalah gaya hidup bijak dengan mengenali nutrisi makanan yang dikonsumsi. Selain itu, konsumsilah dengan kadar yang cukup dan tidak berlebihan.

Berikut ini beberapa hal untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak dan menyeimbangkan asupan makanan yang sehat.

1. Kurangi Penggunaan Minyak Goreng

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa kita sering mengkonsumsi makanan yang digoreng, baik itu makanan yang dibeli atau yang dimasak sendiri. Kita tidak tahu seberapa banyak minyak goreng yang digunakan untuk memasaknya.

Baca juga: Pantangan Makanan Penyakit Gondok yang Harus Dijauhi

Langkah terbaik menghadapi hal itu adalah mengurangi makanan yang mengandung lemak yang digoreng. Jika kita memasak sendiri sebaiknya gunakan minyak goreng dalam jumlah sewajarnya atau gunakan minyak goreng yang sehat.

2. Batasi Konsumsi Kuning Telur

Mengapa kita harus mengurangi konsumsi kuning telur? Meski kaya dengan gizi, bagian kuning telur juga banyak mengandung lemak yang berbahaya bagi tubuh. Jadi apabila anda suka mengkonsumsi kuning telur sebaiknya dikurangi.

4. Mengurangi Porsi Makanan Berlemak

Ketika kita memasak makanan untuk kita atau keluarga, ada baiknya kita mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging. Kalaupun diperlukan bisa sesekali saja dengan lauk makanan berlemak.

Sebaliknya, banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau dan berwarna lebih dianjurkan. Begitu juga dengan makan buah-buahan. Membuat variasi menu akan membuat tubuh memperoleh banyak nutrisi yang beragam.

3. Mengatur Porsi Makan

Ketika makan kita sering tidak mempertimbangkan porsi makanan yang dikonsumsi. Seperti memakan nasi dengan menambah berbagai macam lauk pauk yang mengandung banyak lemak tanpa memperdulikan kesehatan kita sendiri.

Baca juga: Makanan Penyebab Kentut Harus Anda Kenali dan Atur Waktu Konsumsinya

Contohnya ketika makan nasi goreng, kita kerap menambahkan berbagai jenis lauk yang digoreng juga. Hal ini akan membuat lemak yang masuk ke dalam tubuh menjadi berlebihan. Karena itu atur jenis makanan yang dikonsumsi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak agar tidak berlebihan. Namun untuk menjaga kesehatan tubuh tentunya juga perlu dibarengi dengan melakukan olahraga secara rutin. (R9/HR-Online)

- Advertisment -