Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruTanda-tanda Tubuh Dipenuhi Racun, Waspadai!

Tanda-tanda Tubuh Dipenuhi Racun, Waspadai!

Tanda-tanda tubuh dipenuhi racun yang harus Anda ketahui dan perlu segera melakukan detoksifikasi. Karena, tubuh dipenuhi racun jika dibiarkan dapat menimbulkan masalah serius dalam kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (04/2/2020), Seaside Medical Technologies, Nasimeh Yazdani, M.D., menjelaskan, racun merupakan zat berbahaya yang bisa mengacaukan DNA serta merusak fungsi seluler.

Ia mencontohkan, formaldehida adalah zat yang biasa dipakai dalam produk kosmetik, dan diketahui bisa menyebabkan cacat lahir.

Karena, paparan racun yang menumpuk di tubuh menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan.

Jadi, penting untuk diketahui tanda ketika tubuh dipenuhi oleh racun supaya kita lebih berhati-hati pada apa yang kita sentuh dan kita makan. Berikut ini ulasannya jika tubuh sudah banyak toksin.

Kenali Tanda-tanda Tubuh Dipenuhi Racun

Kelelahan dan Tidak Berenergi

Hasil penelitian yang dirilis Science of Total Environment, menemukan adanya hubungan antara kelelahan kronis dengan paparan racun yang ada di lingkungan, seperti logam, pestisida, dan pelarut.

Penelitian mengungkap, ginjal dan hati yang telah terbebani racun harus bekerja ekstra membuang limbah dari racun tersebut.

Namun, beban kerja ginjal yang terlalu berat itu membuat racun semakin menumpuk, yang pada akhirnya menyebabkan kelelahan akibat tubuh kurang energi.

Sering Sembelit

Ketika Anda mengonsumsi makanan olahan, tanpa disadari Anda juga mengonsumsi bahan kimia yang ada dalam makanan tersebut, seperti pewarna, pengawet, dan perasa buatan.

Semua zat kimia itu bisa menyebabkan gejala seperti sembelit dan sakit perut. Kondisi ini dapat menjadi tanda adanya racun yang berlebihan di tubuh.

Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat memasukan makanan apapun ke dalam perut.

Untuk membantu pergerakan usus dan menghilangkan racun serta memperkuat tubuh, sebaiknya Anda banyak mengonsumsi makanan organik dan minum air putih, serta membatasi asupan alkohol.

Masalah pada Kulit

Produk seperti sabun, lotion, shampo, dan kondisioner bisa mengandung bahan kimia yang berbahaya.  

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh dan bisa membuat semua bagian tubuh terpapar racun.

Paparan racun itulah yang dapat menyebabkan masalah pada kulit, seperti munculnya ruam, jerawat, mata bengkak hingga eksim.

Namun terkadang masalah pada kulit tidak selalu disebabkan oleh produk yang kamu pakai.

Centers for Disease Control menyebutkan, ada 13 lebih juta pekerja di Amerika Serikat (AS) yang terpapar oleh bahan kimia berbahaya.

Bahan kimia berbahaya itu diserap tubuh melalui kulit dan menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan pada kulit. Hal ini menjadi salah satu tanda tubuh dipenuhi racun.

Tubuh Mengeluarkan Aroma Tak Sedap

Aroma bau bada yang tidak normal bisa menjadi tanda tubuh dipenuhi racun. Sebab, tubuh memproduksi gas, dan bau merupakan hasil metabolisme serta penguraian dari semua yang kita konsumsi, hirup, atau terpapar.

Bau badan yang tidak sedap, bau mulut, dan air seni menjadi tanda bahwa tubuh tengah berusaha membuang racun.

Kabut Otak

Masalah ingatan, kebingungan, serta ketidakmampuan untuk bisa tetap fokus juga menjadi tanda-tanda tubuh dipenuhi racun.

Semua masalah tersebut adalah tanda kabut otak yang merupakan hasil dari iritasi. Penyebabnya bisa jadi akibat bahan kimia yang terpapar di dalam tubuh.

Melalui serangkaian reaksi, racun dapat menyebabkan peradangan yang bisa mengakibatkan terlepasnya mineral, vitamin esensial, serta hormon yang dibutuhkan guna menjalankan fungsi tubuh.

Itulah ulasan mengenai tanda-tanda tubuh dipenuhi racun. Agar masalah tersebut tidak sampai menimbulkan komplikasi atau menjadi lebih kronis, tetaplah menjaga kesehatan dan selalu memerhatikan setiap yang kita konsumsi. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -