Tebing Longsor Timpa Satu Rumah di Pangandaran

Tebing Longsor
Warga Dusun Cimanjeti, RT 01/02, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, gotong-royong membersihkan material dari tebing longsor yang menimpa dinding rumah Misbah, Sabtu (01/2/2020). Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tebing longsor akibat hujan deras terjadi di Dusun Cimanjeti, RT 01/02, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kejadian longsornya tebing setinggi 6 meter yang terjadi Sabtu (01/2/2020) itu, menimpa dinding rumah milik Misbah warga setempat.

Tokoh pemuda Desa Jayasari, Idan Hamdani mengatakan, tebing yang longsor itu tepat di belakang rumah Misbah. Sehingga, material longsorannya merusak bagian dinding rumah semi permanen.

Idan menuturkan, saat tebing longsor pemilik rumah sedang berada di dalam rumah. “Meski material longsor masuk ke bagian rumah, namun alhamdulilah tidak ada korban,” tuturnya kepada HR Online.

Ketika hujan mulai reda, warga sekitar langsung bergotong-royong membantu membersihkan material longsor. Hal itu dilakukan agar apabila terjadi hujan lagi, air tak masuk ke dalam rumah.

Lebih lanjut Idan mengatakan, di musim hujan seperti sekarang ini, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terlebih mereka yang rumahnya berada dekat tebing.

“Di wilayah kita kan pegunungan, jadi jika hujan apa lagi disertai angin kecang semuanya harus lebih waspada, supaya tak terjadi hal yang tidak kita harapkan,” pungkasnya. (Cenk/R5/HR-Online)