Teh Bunga Telang Berhasil Dibudidayakan Warga Pangandaran, Ini Khasiatnya!

teh bunga telang
Dedi Supriadi, biasa dipanggil Abut sedang memanen Teh Bunga Telang di halaman rumahnya. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Teh Bunga Telang berhasil dibudayakan oleh Dedi Kurniadi, warga Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Pria yang akrab disaapa Abut tersebut mengembangkan usahanya dari tanaman Bunga Telang. Padahal awalnya Abut hanya menanam Bunga Telang untuk kebutuhannya sendiri.

Abut terbiasa mengonsumsi teh Bunga Telang, ini diikuti oleh kerabat dan tetangganya. Lantaran merasaka khasiatnya, Abut mulai dibanjiri pesanan dari warga lain.

“Tadinya cuma untuk dikonsumsi sendiri saja, tapi Alhamdulillah bisa jadi bisnis setelah datang pesanan dari orang-orang,” terang Abut, Senin (24/2/2020).

Seiring banyaknya pesanan, Abut memanfaatkan halaman rumahnya untuk ditanami batang bunga telang. Di tanah berukuran 140 meter persegi miliknya itu, Abut menanam 250 batang bunga telang.

“saya tanam 250 batang, hasilnya setiap hari saya panen sekitar 150 gram teh bunga telah yang sudah kering,” paparnya.

Abut menjual bunga telang kering tersebut seharga Rp 15 ribu yang ia kemas dalam kemasan plastik 10 gram.

“Proses tanamnya sebenarnya cukup mudah, saya sendiri mulai dari nanam sampai keluar bunganya itu cuma butuh waktu sekitar 2 bulan,” terangnya.

Menurutnya, jika teh bunga telang sudah mulai berbunga, maka tanaman tersebut akan terus berbunga setiap hari sampai berusia 5 tahun.

“Tinggal dipetik kalau sudah berbunga, setelah itu dikeringkan. Prosesnya juga mudah, dijemur saja selama 3 hari. Kalau sudah kering bisa jadi stok sampai 7 bulan, jadi ekspirednya itu setelah 7 bulan,” jelas Abut.

Khasiat Teh Bunga Telang

Abut menerangkan, bunga telang punya banyak khasiat, tidak semata jadi ladang bisnis, namun juga bisa jadi bahan obat tradisional.

Salah satunya, Abut bercerita tentang tetangganya yang terkena stroke. Sudah 3 tahun terkena stroke, setelah rutin konsumsi teh bunga telang, khasiatnya mulai terasa dan tetangganya sudah mulai sehat.

“Bisa juga jadi tanaman hias yang merambat di sekitar halaman rumah, jadi kesannya rumah terlihat alami,” terangnya.

Abut berharap budidaya teh bunga telang yang ia jalani terus berlanjut dan konsumen langganannya terus bertambah. (Ceng2/R7/HR-Online)