Tembok Penahan Tebing Jalan Kabupaten di Cipaku Ciamis Ambruk

Tembok Penahan Tebing (TPT) di jalan kabupaten yang berada di Dusun Bangbayang Kidul, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk pada Rabu (26/02/2020).
Tembok Penahan Tebing (TPT) di jalan kabupaten yang berada di Dusun Bangbayang Kidul, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk pada Rabu (26/02/2020). Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Tembok Penahan Tebing (TPT) di jalan kabupaten yang berada di Dusun Bangbayang Kidul, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk pada Rabu (26/02/2020). 

Hendi, warga sekitar, mengatakan, TPT jalan kabupaten yang berada di Dusun Bangbayang Kidul itu baru rampung pengerjaannya beberapa bulan saja.

Ia menduga, penyebab ambruknya TPT akibat tebing longsor dan bagian tembokan penahannya tidak kuat menahan beban. Sehingga, tertimbun longsoran tanah sedikit saja bangunan TPT ikut ambruk.

“Material tanah menutupi bagian drainase jalan. Jika turun hujan, air yang semestinya mengalir malah terbendung oleh tumpukan tanah. Sehingga, saat hujan turun, air meluap membanjiri badan jalan dan bangunan TPT yang ada di sebelahnya,” terang Hendi, kepada HR Online.

Menurutnya, jika tidak secepatnya diperbaiki, dikhawatirkan kerusakannya akan semakin bertambah. Di sisi lain, luapan air yang membanjiri TPT di sebelahnya juga mengakibatkan air yang membanjiri badan jalan masuk ke halaman dan belakang rumah warga.

“Saya berharap pihak pelaksana dapat secepatnya memperbaikinya kembali. Sebab, tidak menutup kemungkinan bila dibiarkan begitu saja akan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan bagi kendaar yang melintas,” tandas Hendi. (Dji/R3/HR-Online)

Loading...