Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisTiap Tahun, 13 Ribu Warga Ciamis Mencari Kerja

Tiap Tahun, 13 Ribu Warga Ciamis Mencari Kerja

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis mencatat ada sekitar 13 ribu warga Ciamis setiap tahun mencari pekerjaan. Tingginya angka pencari kerja harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah untuk menyediakan lapangan kerja. 

Kepala Disnaker Kabupaten Ciamis, Asep Dedi Herdiana, SE, ketika ditemui Koran HR, Selasa (04/02/2020), mengatakan, dengan banyaknya warga Ciamis yang mencari kerja tiap tahunnya, menjadi pekerjaan penting bagi pihaknya. Artinya para pencari kerja harus bisa disalurkan.

“Hampir setiap tahun warga Ciamis yang mencari pekerjaan terus bertambah. Itu artinya minat warga sangat tinggi untuk mendapatkan pekerjaan, baik di wilayah Ciamis maupun di luar Ciamis, sesuai dengan adanya lowongan pekerjaan yang mereka isi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Asep, demi menyalurkan para pencari kerja, khusunya warga Ciamis, pihaknya terus menjalin kerjasama dengan beberapa perusahan yang berada di luar Kabupaten Ciamis. hal itu supaya warga Ciamis yang tidak memiliki pekerjaan bisa memiliki pekerjaan meski bekerja di luar Ciamis.

Kata Asep, ada beberapa perusahan seperti pabrik garmen, tempat bordir dan juga pabrik-pabrik yang biasanya setiap tahun membuka lowangan pekerjaan. Dan itu menjadi kesempatan bagi pihaknya untuk bisa memasukan sebanyak-banyaknya pekerja dari Ciamis.

“Dengan adanya kerjasama, jelas menjadi solusi untuk bisa menempatkan dan menyalurkan warga Ciamis yang mencari kerja. Itupun disesuaikan dengan keahlian yang mereka miliki,” jelasnya.

Bahkan, kata Asep, saat ini ada perusahan garmen di wilayah Majalengka yang membutuhkan pekerja sekitar 200 orang. Akan tetapi semuanya harus perempuan. Bahkan untuk pelaksanaan tes penerimaannya, bisa dilakukan di Ciamis.

Anggota DPRD Ciamis, Nurmutaqin, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ciamis harus bisa mencari solusinya supaya angka pengangguran di Ciamis tertangani.

“Pasti tiap tahun jumlah warga Ciamis yang tidak memiliki pekerjaan terus bertambah. Sehingga harus ada tempat untuk menyalurkan warga yang memang ingin mendapatkan pekerjaan tersebut. Dengan begitu jumlah pengangguran bisa berkurang,” katanya.

Salah satu solusinya, kata Nurmutaqien, yakni kerjasama antara pemerintah dan pihak perusahaan yang memang menampung untuk banyak pekerja. Karena mendatangkan investor sulit,  maka salah satu caranya yaitu dengan memperbanyak kerjasama. (Es/Koran HR) 

- Advertisment -