Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar Agar Terhindar dari Luka dan Iritasi Kulit

Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar Agar Terhindar dari Luka dan Iritasi Kulit
Mencukur kumis dan jenggot harus dilakukan dengan baik dan benar agar terhindar dari luka dan iritasi kulit wajah. Foto:Ist/Net

Para pria kebanyakan tidak tahu tips mencukur kumis dan jenggot yang baik dan benar. Padahal mencukur kumis dan jenggot merupakan rutinitas para pria, agar tetap terlihat modis dan keren.

Walau terbilang mudah, namun kebanyakan pria biasanya mencukur kumis dan jenggot dengan asal-asalan, sehingga tak jarang malah membuat kulit wajah mengalami iritasi bahkan terluka. Mencukur kumis asal-asalan juga akan membuat wajah anda tidak menarik dilihat.

Agar tidak terjadi hal demikian, anda harus tahu cara mencukur kumis dan jenggot yang benar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kami uraikan beberapa tips mencukur kumis dan jenggot yang baik dan benar, agar terhindar dari iritasi dan luka pada kulit wajah:

Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar

1. Pastikan Kumis Dalam Keadaan Basah Atau Lembab

Biasanya kebanyakan pria langsung mencukur kumis dan jenggot dalam keadaan masih kering. Padahal, kondisi kering akan mempersulit anda dalam mencukur kumis dan jenggot. Anda perlu membasahi area kumis, jambang dan jenggot yang hendak di cukur.

Anda bisa mencuci muka dengan sabun terlebih dahulu atau bisa juga sekedar membasahi bagian kumis dan jenggot yang akan dicukur. Tips mencukur kumis dan jenggot ini harus anda lakukan agar terhindar dari iritasi kulit. Kumis dan jenggot yang basah akan membuat bagian tersebut lembab dan lebih lemas, sehingga lebih mudah apabila hendak dicukur.

2. Gunakan Krim Cukur Bila Diperlukan

Selain membasahi bagian kumis dan jenggot dengan air, anda juga bisa memakai krim cukur untuk memudahkan anda mencukur bagian kumis dan jenggot. Krim cukur tak hanya berperan melembabkan kumis dan jenggot yang akan dicukur, namun juga efektif meminimalisir anda terkena iritasi kulit akibat pisau cukur.

Dengan penggunaan krim cukur ini, bagian permukaan kulit akan lebih licin sehingga pisau cukur bisa dengan mudah mencukur bagian kumis dan jenggot, tanpa tergores pisau cukur. Tips mencukur kumis dan jenggot ini harus juga anda lakukan, untuk menghindari kemungkinan buruk akibat tergores pisau cukur.

3. Oleskan Krim Cukur Melingkar Keatas

Jika anda mencukur kumis atau jenggot menggunakan krim cukur, pertama-tama anda harus mengoleskannya krim tersebut secara merata dengan gerakan melingkar ke atas. Ini dilakukan agar kumis dan janggot yang akan dicukur bisa terangkat keatas, sehingga pisau cukur yang anda gunakan bisa maksimal dalam mencukur jenggot dan kumis anda.

4. Hindari Menekan Pisau Cukur Terlalu Keras dan Dalam

Tips mencukur kumis dan jenggot berikutnya yang harus anda perhatikan yaitu tidak boleh asal menekan pisau cukur apalagi menekannya dalam-dalam.  Para pria biasanya suka menekan pisau cukur terlalu keras untuk memperoleh hasil cukuran yang lebih bersih.

Padahal tindakan tersebut malah berpotensi membuat kulit wajah terluka dan mengalami iritasi. Hal ini juga akan berakibat pada mengikisnya bagian teratas kulit sehingga pori-pori kulit akan terlihat jauh lebih besar. Anda cukup mencukur dengan biasa-biasa saja, dengan menggunakan krim tentu hasilnya akan lebih maksimal.

5. Cukur Kumis Sesuai dengan Arah Pertumbuhannya

Tips mencukur kumis dan jenggot  yang benar adalah dengan mencukur sesuai dengan arah pertumbuhan kumis dan jenggot. Faktanya, kebanyakan orang malah sering mencukur kumis berlawanan arah dengan pertumbuhan kumis atau jenggotnya. Padahal, mencukur kumis berlawanan arah dengan pertumbuhannya, malah akan membuat aliran darah mengalir dengan cepat ke permukaan kulit dan bisa menyembakan luka goresan atau iritasi.

Selain itu, mencukur kumis dan jenggot berlawanan dengan arah pertumbuhannya malah akan membuat kumis anda berantakan, tumbuh lebih kasar dan tidak rapi, tumbuh tak beraturan dengan ujung kumis yang lebih tajam.

6. Bersihkan Wajah Seusai Bercukur

Tips mencukur kumis dan jenggot  yang terakhir yaitu bersihkan wajah seusai melakukan aktivitas mencukur kumis atau jenggot. Bersihkan wajah dengan air dingin agar pori-pori kulit yang tadinya terbuka karena di cukur kembali tertutup. Gunakanlah sabun cuci muka yang berkualitas agar hasil cukuran kumis atau jenggot anda lebih maksimal.

Bila perlu, pakai toner untuk melembabkan area wajah (kumis atau jenggot) yang telah dicukur. Melakukan perawatan wajah setelah menukur kumis dan jenggot tidak ada salahnya agar anda lebih terlihat ganteng maksimal.

Itulah beberapa tips mencukur kumis dan jenggot yang baik dan benar, sehingga anda akan terhindar dari iritasi atau luka pada kulit saat mencukur. Terimakasih, dan selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...