Trotoar Jalan Kabupaten Ciamis di Kawali Minta Diperbaiki

Trotoar jalan kawali
Trotoar jalan kabupaten di Dusun Pogorsari, Desa Kawalimukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, berlubang. Foto: Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Trotoar jalan kabupaten di Dusun Pogorsari, Desa Kawalimukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, berlubang. Lantaraan khawatir jadi pemicu terjadinya kecelakaan, pengguna jalan meminta agar Pemerintah Kabupaten Ciamis segera memperbaikinya.

Toha, warga sekitar, kepada Koran HR, Selasa (11/02/2020), mengatakan, kedalaman lubang yang berada di trotoar lebih dari setengah meter. Bila tidak secepatnya diperbaiki, khawatir akan semakin melebar dan bertambah parah.

Menurut Toha, tidak menutup kemungkinan lubang itu menjadi biang terjadinya kecelakaan. Terlebih, di waktu pagi atau bubaran anak-anak sekolah, trotoar yang seharusnya digunakan untuk pejalan kaki terkadang dilewati kendaraan bermotor.

Lebih lanjut, Toha mengungkapkan, posisi lubang trotoar jalan berada di sekitar Gorong-gorong, sehingga kerusakannya dan kedalamannya begitu cepat.

Senada dengan itu, Udin (52), pengguna jalan asal Desa Winduraja, mengatakan, apabila trotoar jalan tidak secepatnya diperbaiki, dapat dipastikan kerusakannya akan semakin melebar.

Sebab, kata Udin, bila hujan terjadi, lubang di trotoar jalan terus tergerus derasnya air hujan. Selain itu, kalau penanganannya lambat, gorong-gorong juga ambruk.

Udin menambahkan, trotoar yang berlubang ini dapat menggangu aktivitas dan membahayakan bagi pejalan kaki. Terutama pada malam hari, karena penerangan jalan di wilayah itu cukup minim.

Menurut Udin, kalau tidak secepatnya diperbaiki, selain membahayakan kondisi ini memberikan kesan jelek bagi jalan kabupaten. Dia berharap agar instansi terkait segera memperbaikinya. (Dji/Koran HR)

Loading...