Tumbuhan yang Hidup di Gurun, Ini Diantaranya!

Tumbuhan yang Hidup di Gurun

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Tumbuhan yang Hidup di Gurun, Ini Diantaranya! Gurun adalah tempat dengan curah hujan yang sangat kecil. Bahkan kurang dari 250 mm per tahunnya, sehingga memiliki tingkat kelembaban udara yang rendah.

Oleh karena suhu udara di gurun sangat tinggi pada siang hari, maka tidak semua makhluk hidup mampu bertahan hidup di daerah tersebut.

Hanya saja, ada beberapa tumbuhan yang hidup di gurun, yaitu sebagai berikut;

Kaktus

Kaktus adalah salah satu tumbuhan yang hidup di gurun, tahan terhadap daerah kering, super gersang dan mampu beradaptasi dengan iklim panas, serta hidup di daerah yang minum curah hujannya.

Kaktus dapat bertahan hidup di tempat yang kering dengan menyimpan air di seluruh bagian tubuhnya, mulai dari akar, batang, dan durinya.

Baca Juga: Kenapa Kaktus Mampu Tumbuh di Padang Pasir? Ini Jawabannya!

Pachypodium

Pachypodium adalah tanaman liar yang hidup di alam aslinya di Madagaskar dan Afrika Selatan, yang saat ini telah bertransformasi menjadi tanaman hias.

Habitat asli tumbuhan ini adalah tempat yang kering, tandus, dan berbatu. Sehingga tumbuhan ini juga dapat hidup di gurun karena termasuk tanaman yang menyimpan air dalam tubuhnya.

Kurma

Kurma adalah buah asal negeri Arab yang sangat terkenal dan dijadikan sebagai oleh-oleh dari orang yang pulang haji dan umrah.

Pohon kurma memiliki ukuran yang sedang dengan ketinggian antara 15 hingga 25 meter. Tumbuhan yang hidup di gurun ini memiliki ciri-ciri yaitu batang tunggal dengan daun yang panjang dan terdapat duri pada tangkai daunnya.

Baca Juga: Manfaat Sari Kurma Jauh Lebih Manis dari Rasanya

Thyme

Thyme adalah salah satu bumbu masak yang sering digunakan menjadi rempah-rempah. Karena dapat memberikan rasa baru pada makanan yang juga merupakan tumbuhan yang hidup di daerah gurun.

Thyme memiliki bentuk yang cantik, sehingga sering dijadikan sebagai hiasan planting.

Akasia

Akasia hidup di daerah gurun sebagai tumbuhan yang kuat dan memiliki umur hidup yang panjang. Akasia bentuknya unik mirip dengan payung.

Tanaman gurun ini sangat berguna bagi masyarakat sekitar yang dapat dijadikan sebagai makanan, pakan ternak, kayu bakar, tanin, dan lain sebagainya.

Boojum

Boojum adalah tumbuhan di daerah Baha, California yang memiliki bentuk sangat unik dengan batang yang ramping dan dapat tumbuh setinggi 20 meter.

Tanaman ini memiliki daun yang kecil untuk mencegah kehilangan banyak air dan memiliki bunga yang berbentuk awan yang mekar di bagian paling atas batang pohonnya.

Spinifex Grass

Rumput yang tumbuh di kawasan pantai bergumuk dengan bentuk yang berkerumun dan membundar, sehingga mirip seperti landak ini dapat ditemukan di daerah Indonesia, Australia, Asia Timur, dan Selandia Baru.

Rumput ini sangat ringan, bahkan bisa terlepas begitu saja ketika ditiup angin, itulah sebabnya namanya menjadi rumput angin.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Minyak Zaitun, Kemewahan dari Surga

Pohon Zaitun

Pohon Zaitun adalah tumbuhan yang hidup di dataran tinggi Sahara dan sangat tahan terhadap lingkungan yang kering.

Pohonnya digunakan sebagai sumber kayu oleh penduduk lokal, sedangkan daunnya digunakan sebagai obat-obatan tradisional dan pakan ternak.

Itulah beberapa tumbuhan yang hidup di gurun. Semoga informasi ini menambah wawasan! (Deni/R4/HR-Online)

Loading...