Pertama Kali Digelar, Turnamen Petanque Ciamis Diikuti Atlet dari Berbagai Daerah

Pertama Kali Digelar, Turnamen Petanque Ciamis Diikuti Atlet dari Berbagai Daerah
Beberapa atlet tengah bertanding dalam turnamen Petanque yang diselenggarakan Klub Petanque Naga Wiru Ciamis di halaman kantor Koni Sabtu, (22/2/2020). Foto:Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Klub Petanque Naga Wiru Ciamis, menggelar turnamen double open Naga Wiru Cup ke-1 Sabtu, (22/2/2020), bertempat di halaman kantor Koni Ciamis.

Turnamen tersebut diikuti sekitar 50 grup dari berbagai daerah, dengan mempertandingan kelas kategori umum. Ketua Klub Petanque Naga Wiru Ciamis, Dian Sholeh Gozin mengatakan, turnamen ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Ciamis, setelah cabor pentanque diperkenalkan kepada masyarakat Ciamis lima bulan yang lalu.

“Berkat dukungan dari pengurus FOPI (Federasi Olahraga Petanque Indonesia) Kabupaten Ciamis, kita bisa menyelenggarakan turnamen ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan turnamen ini, kedepan akan bisa melahirkan atlet di cabor petanque yang handal dan bisa ikut serta dalam Porda Jawa Barat tahun 2022.

“Saat ini olahraga petanque ini sedang dirintis dan dikembangkan. Kami berharap agar semua atlet dapat bertanding dengan maksimal untuk meraih prestasi,” kata Gozin.

Gozin menyebut, petanque merupakan permainan tradisional dari negara Francis yang dikenalkan pada tahun 1907. “Alhamdulillah, setelah di perkenalkan ke masyarakat Ciamis, banyak masyarakat terutama pelajar yang tertarik dan ikut ekskul petanque di sekolahnya masing-masing,” ucapnya.

Lebih lanjut Gozin mengatakan, petanque sendiri berasal dari kata ‘petan’ yang berarti kaki rapat, yang kemudian diterapkan dalam teknik dasar bermain petanque yakni kaki rapat dan menapak ke tanah. Kemudian, pemain melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu dalam posisi kaki di dalam lingkaran kecil. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...