Nama Merek Mobil Diambil dari Singkatan, Salah Satunya “Mobil Rakyat”

Nama merek mobil yang diambil dari kata singkatan kebanyakan buatan Eropa,
Nama merek mobil yang diambil dari kata singkatan kebanyakan buatan Eropa. Photo: Net/Ist.

Nama merek mobil yang diambil dari kata singkatan kebanyakan buatan Eropa, seperti halnya nama merek mobil buatan Jepang yang berasal dari nama pendiri perusahaannya.

Mobil buatan Jepang itu seperti Suzuki, Honda, dan Toyota. Ketiga nama mobil tersebut diambil dari nama pendiri perusahaannya masing-masing, yakni Michio Suzuki, Soichiro Honda, dan Kiichio Toyoda.

Kalau kamu benar-benar maniak otomotif, pastinya juga tahu nama-nama mobil yang ternyata itu adalah singkatan.

Tapi sudah tahu belum sejarahnya? Bagi yang belum tahu, berikut ini ulasanya mengenai nama merek mobil yang diambil dari singkatan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Merek Mobil

BMW

Nama merek mobil yang diambil dari kata singkatan kebanyakan buatan Eropa. Photo: Net/Ist.

BMW menjadi salah satu merek mobil kelas premuim yang sudah dikenal di seluruh negara. Di Indonesia sendiri, mobil yang satu ini banyak terlihat lalu-lalang di jalanan kota-kota besar.

Perusahaan BMW berdiri sejak tahun 1916 yang merupakan proyek bersama sebuah perusahaan mesin di Jerman, yakni Rapp Motorwerken, dengan perusahaan pesawat terbang bernama Bayernische Flugzeug-Werken.

Perusahaan tersebut didirikan untuk mendesain dan memproduksi ulang mesin pesawat terbang.

Namun, dua tahun kemudian, yakni setelah ada Traktat Versaille yang melarang Jerman mendesain serta memproduksi pesawat terbang, perusahaan BMW pun nyaris tutup.

Pada akhirnya BMW bergeser memproduksi motor dan mobil dengan logo berwarna biru putih. Logo tersebut berasal dari penggambaran gambar baling-baling pesawat yang tengah berputar.

Sedangkan, kepanjangan nama BMW ini diambil dari gabungan nama dua perusahaan pendirinya, yakni Bayernische Motor-Werken, kini singkatan BMW lebih dikenalnya Bavarian Motor Works.

Alfa Romeo

Alfa Romeo. Photo: Net/Ist.

Nama merek mobil diambil dari singkatan yang berikutnya adalah Alfa Romeo yang didirikan Alexandre Darracq, seorang pria kebangsaan Perancis.

Di tahun 1910 ia menciptakan mobil pertamanya, namun desainnya bukan buatan Alexandre, melainkan dari Giuseppe Merosi.

Kemudian, di tahun 1915, Nicola Romeo sebagai pendatang baru duduk di perusahaan ini, yang kemudian namanya berubah menjadi Alfa Romeo.

Nama tersebut penggabungan antara nama lama dengan pendatang baru. Setahun kemudian, yaitu tahun 1911, Alfa Romeo mulai terlibat dalam event balapan mobil.

Alfa Romeo adalah sebuah perusahaan asal Milan yang memiliki simbol tradisional Milan dengan logo salib merah, dan di bagian atasnya putih digabungkan dengan ‘biscione’.

Biscione sendiri merupakan simbol kejayaan dari keluarga Visconti yang memerintah Milan di era tahun 1200-an.

Sedangkan, nama Alfa merupakan singkatan, yaitu Anonima Lombarda Fabbrica Automobili (A.L.F.A).

FIAT

FIAT. Photo: Net/Ist.

Nama merek mobil lainnya yang diambil dari kata singkatan adalah FIAT, salah satu perusahaan mobil paling besar di Italia yang didirikan tahun 1899 oleh Giovanni Agnelli, bersama dengan sejumlah investor lainnya.

Mobil ini pun pernah memiliki masa kejayaannya di Indonesia, tapi jangan membayangkan mobil FIAT sekecil sedan yang zaman dulu banyak berseliweran di jalanan.

FIAT ini merupakan pemegang saham pada produsen mobil sport seperti Maserati dan Ferrari, serta pabrikan lainnya seperti Lada, SEAT, dan Chrysler.

Logo Fiat sendiri dibuat oleh tipografer asal Turin. Bentuk logo FIAT tidak pernah berubah hingga sekarang.

Sedangkan, nama FIAT berasal dari kata singkatan, yakni Fabbrica Italiana Automobili Torino (pabrikan mobil asal Turin, Italia).

VW

VW juga merupakan nama merek mobil yang diambil dari kata singkatan, dan menjadi salah satu merek mobil terkenal di Eropa. Bahkan, di Indonesia mobil VW masih eksis hingga sekarang.

Merek VW identik dengan mobilnya yang didesain seperti kodok, sehingga dikenal dengan sebutan VW Kodok. Namun sayangnya, VW Beetle harus berhenti berproduksi.

VW merupakan perusahaan otomotif asal Jerman dan didirikan pada tahun 1937 oleh German Labour Front, yang merupakan bagian dari Nazi.

Perusahaan tersebut berkantor pusat di Wolfsburg, Jerman. Saat ini VW menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia.

Kamu juga pasti sudah tahun bahwa nama VW adalah singkatan dari VolksWagen. Tapi tahukah kamu apa arti dari kata tersebut? Volkswagen dalam bahasa Jerman artinya mobil rakyat. (Eva/R3/HR-Online)