Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruWabah Penyakit Paling Mematikan 2 Dekade Terakhir

Wabah Penyakit Paling Mematikan 2 Dekade Terakhir

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Wabah penyakit paling mematikan 2 dekade terakhir. Dunia semakin tidak ada habisnya jika menyangkut masalah virus yang dapat menyebar dan menyerang kesehatan manusia.

Terlepas dari wabah penyakit terbaru, yakni virus Corona, sebelumnya juga terdapat beberapa kasus dari wabah virus yang menghebohkan dunia. Berikut ini beberapa wabah penyakit paling berbahaya dalam dua dekade terakhir.

Daftar Wabah Penyakit

Wabah E Coli

Wabah penyakit yang satu ini terjadi pada sekitar tahun 2011 silam. Penyakit ini dapat menyebabkan beberapa organ dalam mengalami rasa yang tidak enak.

Wabah E Coli merupakan penyakit komplikasi yang sangat berbahaya dan membuat orang masakan sakit yang tidak bisa dibayangkan.

Virus atau racun yang menyerang manusia, akan menyebabkan beberapa gejala dengan rasa sakit berkelanjutan.

Biasanya, gejala ditemukan dengan diare berdarah, demam dengan suhu tinggi, muntah-muntah serta gagal ginjal.

Virus E Coli ini pertama kali dimulai pada Bulan Mei Tahun 2011 di peternakan Lower Saxony yang terdapat di wilayah Jerman.

Alhasil, penyebaran virus tersebut meluas ke beberapa negara tetangga seperti Polandia, Denmark, Swiss, Swedia bahkan sampai Amerika serikat, melalui media makanan.

Baca Juga: Wabah Pneumonia Wuhan, Penyebab dan Cara Mencegahnya!

Wabah Flu Babi

Semua orang memang mengenal virus flu babi, dimana pada tahun 2009-2010 telah menggegerkan dunia.

Wabah penyakit paling mematikan ini mulai muncul pada Bulan April Tahun 2009 di negara Meksiko.

Kemudian tidak lama berselang, virus flu babi mulai menyebar ke bagian Amerika Utara, Asia bahkan hingga Eropa.

Virus yang satu ini menyebabkan beberapa gejala yang tidak enak dirasakan oleh manusia. Gejalanya antaralain adalah nyeri otot, demam dengan suhu tinggi, sakit kepala, batuk, persendian dan flu.

Bahkan lebih buruknya lagi, virus ini juga bisa menimbulkan komplikasi darah yang pada ujungnya membuat orang mengalami kesulitan untuk bernafas hingga kematian.

Baca Juga: Wabah Black Death, Waspadai Penyakit Mematikan Ini!

Flu Burung

Sebelum diserang oleh virus Corona, pada tahun 2013 silam Cina juga diserang oleh flu burung. Jenis flu yang satu ini merupakan subtipe virus influenza H7N9.

Flu burung menjadi salah satu virus yang mematikan dan menewaskan orang dalam waktu yang cepat.

Virus ini dapat menyerang organ dalam dari manusia sehingga si penderita merasa kesakitan.

Wabah penyakit paling mematikan yang satu ini menyebar ke beberapa wilayah dengan cepat dan menewaskankan beberapa orang yang memiliki tingkat kesehatan rendah.

Kemungkinan besar jika terdapat beberapa orang yang terinfeksi flu burung, maka kecil kemungkinan orang tersebut akan sembuh.

Lebih parahnya lagi dapat menimbulkan kematian yang tidak bisa diduga sebelumnya.

Itulah beberapa wabah penyakit paling mematikan dalam 2 dekade terakhir di beberapa wilayah. Dan saat ini, virus terbaru adalah virus Corona, juga menjadi perbincangan hangat di beberapa negara. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -