Bukan Sekedar Hobi, Warga Banjarsari Ciamis Dulang Uang dari Bonsai

Warga Banjarsari Dulang Uang dari Bonsai
Warga Banjarsari Ciamis, Ivan Doeloer, saat memelihara bonsai miliknya di Cikohkol, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Senin (18/02/2020). Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Menanam bonsai bukan hanya sekedar hobi, bagi Ivan Doeloer, warga Banjarsari, menanam bonsai adalah sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang.

Saat ditemui koran HR di bilangan Cikohkol, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Senin (18/02/2020), Ivan mengatakan, bonsai merupakan tanaman hias yang mempunyai nilai tinggi serta mampu meningkatkan taraf perekonomian.

“Bagi saya menanam bonsai bukanlah hanya sekedar hobi. Tapi dari tanaman hias ini, saya mampu mendulang penghasilan yang lumayan besar. Maka dari itu, saya bersama dengan rekan mengembangkan bisnis bonsai ini. Alhamdulillah pemasaran tanaman bonsai kami sudah tembus ke berbagai wilayah dan kota,” katanya.

Menurut Ivan, pihaknya tidak lagi kebingungan soal pemasaran. Alasannya karena sudah memiliki jaringan luas. Selain di wilayah Jawa, pemasaran juga sudah tembus ke luar Pulau Jawa.

Senada dengan itu, Muslihin, warga Dusun Karangsari RT 03 RW 01, Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar, mengaku sedang mengembangkan budidaya bonsai dengan jumlah yang lumayan banyak.

“Bonsai bagi saya adalah hobi. Namun di sisi lain bonsai adalah bisnis. Sekarang saya sedang mengembangkan penanaman bonsai dengan jumlah lokasi yang lumayan luas. Ada beberapa lokasi kebun milik saya yang dikhususkan untuk tanaman bonsai,” katanya.

Menurut Muslihin, jumlah tanaman bonsai miliknya tersebut terdiri dari berbagai jenis tanaman yang sengaja dipelihara dan dirawat demi menghasilkan bonsai yang berkelas.

“Untuk saat ini saya sudah mempunyai beberapa lokasi penyemaian bibit bonsai. Luasnya lumayan bisa ditanami ribuan pohon. Nah untuk yang di kebun-kebun itu, saya sengaja menanam bibit (bahan), nanti setelah terlihat tumbuh berkembang lalu dibentuk dan ditaruh ke dalam pot,” katanya.

Muslihin bersyukur, dari hasil jerih payah yang dibarengi dengan hobi itu, bonsai-bonsai miliknya sudah bisa memberikan tambahan penghasilan rutin. (Suherman/Koran HR)