Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisWarga Bersama Aparat Bantu Perbaiki Rumah yang Rusak Tertimpa Pohon di Ciamis

Warga Bersama Aparat Bantu Perbaiki Rumah yang Rusak Tertimpa Pohon di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga dibantu aparat kepolisan dan juga TNI gotong royong membetulkan satu persatu genting atap rumah warga yang tertimpa pohon tumbang, di Dusun Cimanggu, Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Minggu (23/2/2020).

Asep Lukman, salah seorang RT ketika ditemui HR Online, Minggu, (23/2/2020), mengatakan, banyak rumah yang rusak setelah tertimpa pohon tumbang saat hujan angin kemarin sabtu (22/2/2020).

Menurutnya, kerusakan kerusakan di bagian atap, sehingga banyak genting rumah yang amburadul setelah tertimpa pohon.

“Karena kemarin belum bisa membetulkan, maka baru pada hari Minggu kami bersama warga bersama-sama membetulkan atap rumah, dari satu RT ke RT lainnya yang berada di Dusun Ciamanggu ini,” ungkapnya.

Asep mengungkapkan, bahwa baru kali ini Desa Jalatrang banyak rumah rusak akibat pohon tumbang setelah diterjang angin kencang.

Menurutnya, meski saat pohon itu menimpa rumah warga tidak menimbulkan korban jiwa, akan tetapi bisa dipastikan kerugian material sangat dirasakan korban.

Asep menuturkan, untuk wilayah Dusun Cimanggu saja ada sekitar puluhan rumah yang atapnya rusak akibat tertimpa pohon.

“Makanya kami bergotong royong memperbaiki setiap atap rumah milik warga bersama aparat dari desa, kepolisan dan juga TNI,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Alan, salah seorang ketua RW. Dikatakannya, selepas hujan kemarin, pihaknya langsung melakukan pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan karena tertimpa pohon tumbang.

Alan menambahkan, banyak warga yang melaporkan bahwa rumahnya tertimpa pohon setelah bencana hujan angin kencang.

“Setelah terdata dengan baik perbaikan segera dilakukan secara bergotong royong, sehingga semua rumah warga dapat diperbaiki,” katanya.

Alan melanjutkan, meski hanya bagian atap rumah yang rusak, akan tetapi jika dibiarkan terlebih sekarang musim penghujan maka bisa membahayakan. Maka dari itu, perbaikan terus dilakukan secara maraton dari satu rumah ke rumah yang lain.

Alan juga mengimbau kepada warga lain untuk lebih berhati-hati, karena sekarang dipastikan terjadi hujan kembali.

“Untuk itu warga diimbau waspada, terlebih jika hujan terjadi seperti kemarin,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online)

- Advertisment -