Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariWarga Panik! Sungai Citalahab Ciamis Meluap ke Sejumlah Pemukiman

Warga Panik! Sungai Citalahab Ciamis Meluap ke Sejumlah Pemukiman

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membuat air Sungai Citalahab meluap dan masuk ke sejumlah pemukiman warga, Selasa (18/02/2020) sore.

Informasi yang diterima HR Online, luapan air yang diakibatkan tanggul jebol tersebut kini membuat panik warga. Terutama warga yang tinggal di komplek Kubangcalincing, Pacormalang, Blok Sumber, dan Kubangbogo, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican.

Kepala Desa Sukahurip, Turiman saat dihubungi HR Online membenarkan adanya kejadian tersebut. “Saat ini air Sungai Citalahab terus meluap dan masuk ke pekarangan rumah warga. Namun terkait ada tanggul yang jebol saya belum mendapatkan informasinya, yang saya tahu adalah luapan sungai akibat tanggul pendek,” katanya.

Masih menurut Turiman, luapan air Sungai Citalahab Ciamis hingga saat ini terus bertambah dan merambah ke beberapa wilayah.

“Saat ini air sudah mulai merambah ke wilayah Desa Bangunsari. Kemungkinan air akan terus bertambah jika curah hujan tidak segera berhenti,” terangnya.

Dihubungi terpisah, FK Tagana Kecanatan Pamarican, Baehaqi Efendi membenarkan kondisi banjir yang saat ini terjadi di wilayah Kecamatan Pamarican.

“Saat ini kami tengah berada di lokasi untuk meninjau situasi. Untuk sementara air sudah masuk ke pelataran rumah dan nyaris masuk ke dalam rumah,” terangnya.

Pihaknya juga tengah mengimbau kepada masyarakat sekitar Sungai Citalahan untuk tetap waspada mengingat curah hujan masih terjadi.

“Masyarakat diimbau waspada, karena tidak menutupkemungkinan air akan terus bertambah dan masuk ke dalam rumah,” terangnya. (Suherman/R7/HR-Online)

- Advertisment -