Berangkat dari Hobi, Warga Sukasari Ciamis Sukses Budidayakan Ikan Koi

Berangkat dari Hobi, Warga Sukasari Ciamis Budidayakan Ikan Koi
Ade Permana, warga Dusun Entrong, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sukses budidaya ikan koi dalam jumlah banyak. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dari hobi pelihara ikan koi, Ade Permana, warga Dusun Entrong, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini melakukan budidaya ikan koi dalam jumlah banyak.

Saat ditemui di kediamannya, Senin (24/02/2020), Ade mengatakan, dirinya kini tengah menggeluti budidaya ikan hias jenis koi. Ia memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di belakang rumahnya. Ia pun membuat bak bahan plastik sebagai lahan penangkaran ikan hias tersebut.

“Awalnya saya iseng-iseng memelihara ikan koi. Dan dari iseng inilah saya lantas kepikiran untuk mengembangkan lebih banyak lagi. Akhirnya tak diduga, ternyata dari hasil budidaya ini bisa menumbuhkan penghasilan yang lumayan,” katanya.

Untuk lokasi saat ini,kata Ade, dia membuat beberapa bak terbuat dari plastik sebagai tempat penangkaran. Dari satu bak berukuran 4 x 5 x 0’40 meter ini, diisi benih ikan kurang lebih 1000 ekor.

“Dari seluruh bak yang ada, tidak sama ukurannya, ada yang baru netas ada juga yang usianya sudah sekitar empat bulan dan sudah layak jual. Alhamdulillah untuk pemasaran sudah ada, walau masih jauh dari harapan. Insyaallah kedepannya saya akan terus kembangkan usaha ini. Siapa tahu akan lebih berkembang lagi,” terangnya.

Ade menuturkan, saat ini dirinya baru bisa memasarkan ikan koi hasil budidaya dengan memanfaatkan media sosial. Meski begitu, jumlah peminat ikan hasi budidayanya kian hari terus bertambah.

“Untuk harga itu tergantung ukuran serta jenis keindahan ikan. Ya sekitar 50 ribu sampai ratusan ribu. Bahkan ada juga yang jutaan jika ukurannya sudah besar. Maka dari itu, saya sangat yakin jika usaha budidaya ikan koi ini akan menghasilkan pendapatan,” katanya. (Suherman/Koran HR)

Loading...