Waspada! Kebanyakan Makan Durian Bisa Picu Penyakit Mematikan

Waspada! Kebanyakan Makan Durian Bisa Picu Penyakit Mematikan
Kebanyakan makan durian tidak baik untuk kesehatan dan bisa memicu penyakit mematikan.Foto:Ist/Net

Kebanyakan makan durian ternyata buruk untuk kesehatan. Bagi anda pecinta buah durian, dalam satu kali makan mungkin bisa menghabiskan beberapa butir buah durian. Tapi benarkah, terlalu banyak mengkonsumsi durian buruk untuk kesehatan? Selama ini beberapa masyarakat Indonesia percaya, jika makan durian terlalu banyak ternyata bikin mabuk.

Buah durian merupakan salah satu buah yang tinggi kalori. Dilansir dari berbagai sumber, ternyata dalam 100 gram buah atau daging durian terkandung hampir 150 kalori, 5,3 gram lemak, 5 gram protein dan 98 gram karbohidrat.

Total 150 kalori dari 100 gram daging durian ini cukup untuk memenuhi 7 persen kebutuhan kalori tubuh dalam sehari. Untuk menghindari efek buruk dari kebanyakan makan durian, anda disarankan hanya makan satu porsi durian antara 100-200 gram saja.

Makan durian secara normal, akan menghindarkan anda dari berbagai ancaman penyakit mematikan. Dalam satu porsi (100-200 gram buah durian), anda akan mendapatkan 33 persen vitamin C dan 25 persen tiamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Ternyata, durian juga salah satu sumber vitamin B-6 dan kalium yang baik, serta mengandung 16 persen B-6 dan 12 persen kalium, yang sangat dibutuhkan tubuh manusia sepanjang hari. Anda juga akan mendapat 12 persen asupan riboflavin dan 15 persen serat yang baik untuk kesehatan anda.

Manfaat Makan Durian Bagi Kesehatan

Sebelum kita bahas akibat buruk dari kebanyakan makan durian, akan kita bahas dulu manfaat baik konsumsi durian.

Durian dipercaya sebagai salah satu jenis buah yang dapat meningkatkan energi tubuh, kekuatan otot dan tekanan darah. Konsumsi durian juga mampu memperlancar buang air besar, dan baik untuk kesehatan kulit. Durian juga dapat meningkatkan sistem saraf dan kekebalan tubuh manusia, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah pada tubuh.

Mengonsumsi durian juga baik bagi orang yang memiliki sindrom iritasi usus (IBS). Durian juga mengandung kalium tinggi yang bermanfaat mengatasi kelelahan dan stres serta kecemasan.

Namun anda jangan terlena dengan berbagai manfaat dari buah durian ini. Pasalnya, jika kita kebanyakan makan durian terlalu banyak juga buruk untuk kesehatan tubuh.

Bagi orang-orang yang punya riwayat penyakit tekanan darah (hipetensi), diabetes, jantung dan obesitas, sebaiknya lebih selektif dalam mengonsumsi buah durian. Bagi orang yang punya riwayat penyakit tersebut, ada baiknya jangan kebanyakan makan durian, karena malah akan memperparah penyakit yang diderita.

Bahaya Kebanyakan Makan Durian Bagi Kesehatan

Lalu apa saja pengaruh buruk bagi kesehatan jika kita terlalu banyak mengonsumsi buah durian? Dilansir dari berbagai sumber, berikut efek buruk jika anda kebanyakan makan durian:

1.Gangguan Pencernaan

Bagi anda penggila buah durian, jangan sekali-kali makan durian dicampur dengan soda. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap sistem pencernaan anda. Masalah gangguan pencernaan serius akan menghampiri anda jika makan durian bersamaan dengan minuman bersoda. Usus dan lambung anda akan terluka hingga berlubang, ini akan berakibat pada kematian.

2. Menyebabkan Kolesterol

Kebanyakan makan durian juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol tinggi, maka akan berakibat pada meningkatnya asam urat. Jika kolesterol dan asam urat sama-sama tinggi tentu akan memancing terjadinya komplikasi pada tubuh. Komplikasi inilah yang ditakutkan, karena jika sudah fatal bisa menyebabkan kematian.

3. Menyebabkan Diabetes

Bagi seseorang yang memiliki penyakit diabetes tidak dianjurkan memakan buah durian, lebih dari dua buah. Hal tersebut karena kandungan glukosa pada durian sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, itu akan memperparah penyakit diabetes yang diderita. Bagi anda penderita diabetes, jika ingin mengonsumsi durian, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

4. Menyebabkan Hipertensi

Kebanyakan makan durian ternyata menyebabkan tekanan darah naik (hipertensi). Kandungan alkohol pada durian sangat tidak baik untuk anda penderita hipertensi. Jika tekanan darah yang naik (hipertensi), akan membuat jantung berdeta lebih kencang sehingga mengakibatkan sakit jantung dadakan. Disarankan penderita hipertensi tidak mengonsumsi durian berlebihan.

Tips Makan Durian Yang Aman

Jika anda seseorang yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit yang kami sebutkan diatas, anda tidak perlu khawatir mengonsumsi buah durian. Namun tetap harus diingat, jangan makan durian berlebihan untuk menghindari efek buruk yang diakibatkan dari konsumsi buah durian tersebut. Berikut adalah tips makan durian agar dapat terhindar dari efek buruknya:

1. Makan durian dalam porsi sewajarnya jangan berlebihan.

2. Setelah makan durian, minulah air mineral sebanyak mungkin.

3. Tuangkan air pada rongga bekas buah durian, lalu minum setelah beberapa menit didiamkan. Cara ini mesti dilakukan untuk menghilangkan bau durian pada mulut dan mengontrol tekanan darah anda.

4. Makan buah manggis setelah mengonsumsi buah durian, kandungan vitamin pada manggis akan menetralisir efek durian.

5. Konsumsi sayuran untuk menetralisir efek buah durian.

6. Hindari makanan berlemak tinggi setelah makan durian.

Dapat kami simpulkan, konsumsi buah durian memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Namun, kebanyakan makan durian justru tidak baik untuk kesehatan. Kami sarankan sewajarnya saja mengonsumsi durian, jangan berlebihan agra terhindar dari berbagai resiko yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)