Waspada! Sifat Pelit Memperpendek Umur Anda

Waspada! Sifat Pelit Memperpendek Umur Anda
Sifat pelit ternyata bisa memperpendek umur seseorang. Foto:Ist/Net

Benarkah sifat pelit memperpendek umur seseorang? Berdasarkan penelitian yang diterbitkan American Journal of Public Health belum lama ini, seseorang yang sering membantu orang lain akan mengurangi tingkat stres.

Berkurangnya tingkat stres pada seseorang, akan menurunkan risiko kematian dini. Berbeda dengan orang pelit. Orang pelit cenderung kurang bergaul dengan orang lain, sehingga orang pelit akan mudah stres, karena tidak ada orang yang bisa dijadikan teman berbagi masalah.

Pelit adalah salah satu sifat yang tidak disukai banyak orang. Ciri-ciri orang pelit adalah sulit memiliki teman terutama teman akrab. Hal ini karena orang pelit cenderung ingin mengambil keuntungan dari orang lain, sementara mereka tidak mau dirugikan.

Orang pelit biasanya merasa hidupnya tidak tenang, akibat takut suatu saat hartanya akan habis. Pada akhirnya, dia sendiri yang akan merasa pusing hingga stres. Inilah yang mengakibatkan sifat pelit memperpendek umur seseorang.

Alih-alih ingin bergelimang harta yang ditumpuk, tapi malah tidak tenang dan khawatir dengan harta benda yang dia miliki.

Dalam kehidupan masyarakat, ada istilah “orang pelit kuburannya sempit”. Istilah sindiran tersebut berkembang di masyarakat sejak lama. Sifat pelit memperpendek umur seseorang, ternyata tak hanya disampaikan peneliti dalam terbitan American Journal of Public Health.

Pesan Sahabat Rasul Tentang Sifat Pelit Memperpendek Umur

Dalam sebuah nasihat sahabat Rasul yakni Syaikh As-Sa’di, menyebutkan bahwa sifat pelit, kikir dan bakhil mendapat ancaman mengerikan.

Nasihat yang diterbitkan dalam Tafsir As-Sa’di cetakan Muassasah Ar-Risalah, halaman 981, itu disebutkan, bahwa sifat pelit memendekkan umur serta dapat meruntuhkan tempat tinggal. Sedangkan jika berbuat kebaikan maka akan menambah umur.

Selain sifat pelit memperpendek umur seseorang, ada beberapa kebiasaan sepele yang sering kita lakukan, dan itu berefek pada kualitas kesehatan kita. Bisa jadi hal sepele tersebut menjadi salah satu penyebab meningkatnya resiko kematian dini.

Berikut ini kebiasaan sepele yang bisa memperpendek umur anda:

1. Sering Begadang Semalaman

Selain sifat pelit bisa memperpendek umur seseorang, sering begadang semalaman juga beresiko memperpendek umur seseorang.  Secara biologis, orang yang jarang tidur malam tubuhnya akan mudah terkena penyakit berbahaya.

Penyakit yang mengancam orang yang suka begadaang semalaman adalah stroke, serangan jantung, diabetes, obesitas, dan lainnya. Hasil penelitian di Duke-NUS Graduate Medical School For Cognitive Neuroscience, menyebut jika keseringan begadang ternyata akan mempercepat akan penuaan otak. Untuk itu, biasakan sejak sekarang tidur tepat waktu, agar anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit mematikan yang bisa  mempersingkat umur anda.

2. Berjalan Terlalu Lamban

Penelitian yang dilakukan Lawrence Berkeley National Laboratory kepada 39 ribu pejalan kaki, menyebutkan bahwa angka kematian tertinggi pada kurun waktu satu dekade, kebanyakan adalah orang-orang yang berjalan terlalu lambat.

Untuk mengurangi risiko masalah tersebut, anda harus mengatur cara berjalan dengan cara yang seimbang tidak terlalu lambat juga tidak seperti berlari.

3. Terlalu Lama Duduk Sepanjang Hari

Selain sifat pelit memperpendek umur seseorang, ternyata terlalu lama duduk di bangku sepanjang hari juga beresiko memperpendek umur seseorang. Penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, menyebut, jika kita duduk selama lebih dari tiga jam sehari, akan mengurangi harapan hidup anda selama dua tahun. Disarankan untuk anda agar jangan terlalu lama duduk, lakukan aktifitas positif  secara teratur seperti berjalan, berjalan cepat, duduk sebentar, itu semua harus dilakukan dengan seimbang.

4. Sifat Muram Durja

Selain sifat pelit memperpendek usia seseorang, sering bermuram durja juga beresiko mempersingkat umur seseorang. Orang muram biasanya memiliki sifat cemas, gampang cemburu, pemurung, dan tertekan di usia yang masih muda. Hal ini sangat mengganggu kesehatan seseorang secara fisik ataupun mental. Seseorang yang sering murung beresiko terkena penyakit penyakit Alzheimer.

Hasil studi yang dilakukan peneliti yang diterbitkan American Academy of Neurology selama 40 tahun, menyebutkan, untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer yakni dengan merubah sifat anda. Jika anda sulit bahagia dan selalu muram durja, cobalah datangi terapis untuk berkonsultasi dengan permasalahan yang anda hadapi.

Demikianlah artikel ini kami buat, semoga bermanfaat untuk anda. Apakah anda percaya sifat pelit memperpendek umur seseorang? Umur seseorang memang sudah menjadi rahasia Tuhan. Kapan, dimana dan sedang apa, kita tidak pernah tau kapan ajal menjemput. Namun, ikhtiar harus tetap dilakukan kita sebagai manusia biasa, caranya dengan menjaga kesehatan tubuh agar selalu sehat dan bugar. Terimakasih! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...