Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita Banjar20 Warga Kota Banjar Terpapar Pasien Positif Corona dari Bekasi, Statusnya ODP

20 Warga Kota Banjar Terpapar Pasien Positif Corona dari Bekasi, Statusnya ODP

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 20 orang warga Kota Banjar berstatus ODP atau Orang Dalam Pemantauan Corona. Pasalnya mereka melakukan kontak dengan pasien positif Corona dari Bekasi yang sempat menginap di salah satu hotel di Kota Banjar pada 6 Maret 2020 lalu.

Juru Bicara Tim Crisis Center Kota Banjar, Ir Tomy Subagja, mengatakan, Tim Gugus Corona masih terus melakukan pelacakan riwayat perjalanan pasien positif Corona asal Bekasi, termasuk pelacakan orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien tersebut.

“Tracking atau surveylance terhadap kasus positif Corona orang Bekasi yang mampir ke Banjar masih terus dilakukan,” kata Tomy, Sabtu (21/3/2020).

Penanganan langsung di lapangan, kata dia, adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang diduga disinggahi oleh pasien positif Corona asal Bekasi tersebut.

“Action di lapangan selain surveylance juga penyemprotan disinfektan di lokasi yang diduga disinggahi. Sementara data 20 orang itu yang kemarin kontak langsung dengan pasien Bekasi,” katanya.

Baca Juga: Perbedaan Orang Dalam Pemantauan dan Pasien Dalam Pengawasan Corona, Harus Tahu!

Data 20 ODP tersebut didapat dari lokasi-lokasi yang pernah dikunjungi oleh pasien positif Corona asal Bekasi, semuanya berdasarkan hasil pelacakan yang dilakukan oleh Tim Gugus Covid-19 Kota Banjar.

“Data 20 orang itu yang kemarin kontak langsung dengan pasien bekasi, data ODP didapat dari seluruh lokasi yang pernah dikunjungi berdasarkan surveylance,” ungkapnya.

Baca Juga: Pasien Positif Corona di Bekasi Pernah Nginap di Hotel Banjar dan Kunjungi Pesantren di Ciamis

Tomy menambahkan, angka 20 ODP itu merupakan angka sementara, karena proses pelacakan masih terus dilakukan. “Jadi angka tersebut masih sementara karena tracking masih berjalan,” tandasnya.

Riwayat Perjalanan Pasien Positif Corona dari Bekasi

Sebelumnya diberitakan pasien positif Corona di Bekasi sempat singgah di Kota Banjar. Bahkan sempat menginap di salah satu hotel.

Catatan perjalanan pasien tersebut pada tanggal 4 Maret 2020, pasien positif Corona di Bekasi ini mengeluh sakit. Meskipun begitu, dia masih memaksakan diri untuk bekerja di perusahaannya.

Pria tersebut bersama istri dan ketiga anaknya kemudian melakukan perjalanan ke Kota Banjar pada tanggal 6 Maret 2020. Keponakan dan sepupunya diketahui juga ikut dalam perjalanan tersebut. Dalam riwayat perjalanannya, dia menginap di salah satu hotel di Kota Banjar.

Tanggal 7 Maret 2020 pria tersebut bersama rombongan keluarganya mengunjungi pesantren yang ada di Pamarican, Kabupaten Ciamis. Pemilik pesantren diketahui merupakan salah seorang saudaranya.

Pasien positif Corona dari Bekasi bersama keluarganya berada di Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis diketahui sampai tanggal 8 Maret 2020. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -