Akademisi Minta RSUD Kawali Diaktifkan Sebagai Lokasi Karantina

Akademisi Minta RSUD Kawali Diaktifkan Sebagai Lokasi Karantina

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Akademisi Universitas Galuh, Hendra Sukarman, SE.,SH.,MH., mengusulkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis mengaktifkan atau mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah / RSUD Kawali.

Menurut Ebo, sapaan akrab Hendra Sukarman, pengaktifan RSUD Kawali dilakukan dalam rangka menyikapi potensi meluasnya wabah virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

Ebo mengungkapkan, saat ini masa social distancing diperpanjang. Ditambah lagi, adanya kebijakan physical distancing sebagaimana anjuran WHO (World Health Organization) di beberapa wilayah di Indonesia.

Kondisi tersebut, lanjut Ebo, mengakibatkan terjadinya eksodus tenaga kerja asal Ciamis dari berbagai kota. Mayoritas diantara mereka memutuskan dan memilih untuk pulang kampung ke Ciamis.

Menurut Ebo, kondisi tersebut perlu diantisipasi segera, salah satunya dengan mengoperasikan RSUD Kawali sebagai lokasi karantina.

Pengaktifkan RSUD Kawali, kata Ebo, merupakan bagian dari upaya prenventif yang bisa dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dalam menyikapi kondisi yang terjadi saat ini.

Disamping itu, lanjut Ebo, pemerintah perlu memberlakukan keys area bagi suspect yang sudah terpapar covid-19.

Termasuk mempersiapkan sektor ketahanan pangan bagi masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah dengan stimulus bantuan.

“Tapi pastinya stimulu bantuan tersebut harus tepat sasaran. Untuk itu, perlu dirancang dengan matang,” tandasnya. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...