Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisAntisipasi Corona, Santri dan Tamu Pesantren Cijantung Ciamis Diwajibkan Cuci Tangan

Antisipasi Corona, Santri dan Tamu Pesantren Cijantung Ciamis Diwajibkan Cuci Tangan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Santri maupun tamu yang masuk ke lingkungan pesantren diwajibkan mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Selain itu, barang bawaannya akan disemprot disinfektan. Hal itu dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Dzikri, salah seorang santri Pesantren Cijantung sekaligus Ketua OSIS MAN 3 Ciamis, mengatakan, saat ini santri Pesantren Cijantung tidak diliburkan. Namun, para santri melakukan piket bergilir di depan pesantren.

“Kami melakukan piket giliran di depan pesantren untuk menjaga area pondok steril dari orang-orang luar yang mau masuk ke lingkungan pesantren,” ujarnya, Senin (23/3/2020).

Meskipun pesantren tidak libur, namun kegiatan belajar sekolah diliburkan. Siswa yang di luar pesantren melaksanakan belajar secara online, sementara siswa yang mondok di pesantren masih mengikuti pembelanjaran kepesantrenan.

“Walaupun pesantren tidak libur, para santri diwajibkan untuk melakukan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), setiap hari kobong (kamar) pesantren juga disemprot dengan disinfektan seperti bangku lemari atau barang-barang lainnyn,” terangnya.

Sementara pembelajaran di pesantren sendiri dilakukan sesuai jadwal, setelah salat Subuh berjamaah mengaji, lalu makan pagi, setelah itu melakukan olahraga senam.

“Kalau sudah olahraga lanjut ke kobong masing-masing untuk mengerjakan tugas sekolah,” katanya.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan di lingkungan pesantren dari orang luar, maka ada sejumlah santri yang piket secara bergiliran di depan pesantren.

“Ketika ada orang dari luar yang mau salat ataupun orang tua santri mau masuk ke lingkungan pesantren, harus dilakukan sterilisasi dengan diwajibkan mencuci tangan dengan hand sanitizer dan barangnya disemprot dengan disinfektan,” katanya.

Dzikri menambahkan, langkah itu diambil oleh pihak pesantren sebagai antisipasi pencegahan penularan virus Corona. “Semoga musibah dari wabah Corona ini segera berlalu,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

- Advertisment -