Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisAntisipasi Corona, Tempat Wisata di Ciamis Sementara Ditutup

Antisipasi Corona, Tempat Wisata di Ciamis Sementara Ditutup

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemkab Ciamis akan menutup sementara tempat wisata yang ada di Kabupaten Ciamis. Sebelumnya, Bupati Ciamis mengeluarkan surat edaran Bupati Ciamis Nomor.  440/355-Dinkes.1/2020 tentang antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa sekolah dari mulai Paud, SD, SMP dan SMA diliburkan, dari mulai tanggal 16 sampai tanggal 29 Maret 2020.

“Demi menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat Ciamis, selain kita meliburkan sekolah, tempat wisata di Ciamis juga kami tutup sementara,” ujar Herdiat Senin (16/3/2020).

Kata dia, aktivitas pendatang atau wisatawan harus di waspadai terutama yang berasal dari luar Kabupaten Ciamis. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus covid-19 corona di Kabupaten Ciamis. Untuk itu, tempat wisata yang biasa menjadi persinggahan pendatang harus ditutup dulu.

“Sebagai antisipasi penyebaran virus corona, kita harus batasi kunjungan wisatawan yang berasal dari luar Ciamis, karena ditakutkan para pendatang tersebut terdampak virus corona,” jelasnya.

Menurut Herdiat, saat ini di Kabupaten Ciamis belum ada yang terkena virus corona. Adapun satu orang kini tengah dalam pengawasan pihak Rumah Sakit.

Herdiat mengimbau masyarakat, sementara ini untuk menghindari kontak fisik dan menghindari tempat keramaian dan ruang publik kecuali ada kepentingan mendesak.

“Yang paling penting juga masyarakat harus selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Warga Ciamis pun kami minta untuk tetap tenang dan senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Herdiat.

Dihubungi terpisah, Ketua Pengelola Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis, Taufan Nugraha menuturkan, wisata Sayang Kaak sementara ini akan tutup, terhitung mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 28 Maret 2020.

Hal tersebut sebagai upaya menjaga dan melindungi serta mengantisifasi penyebaran Virus Covid-19 di kabupaten Ciamis, sesuai surat edaran Bupati Ciamis No.  440/355-Dinkes.1/2020 tentang antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Ciamis.

“Mohon maaf kepada para pengunjung, selama 14 hari kedepan Wisata Sayang Kaak akan tutup sementara,” katanya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -