Aplikasi Google Meet, Konferensi Rapat Online Gratis

Aplikasi Google Meet
Aplikasi Google Meet. Foto: Istimewa

Aplikasi Google Meet saat ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Aplikasi ini mendukung penerapan sistem bekerja dari rumah seiring merebaknya kasus Covid-19.

Google Meet dapat digunakan untuk layanan rapat secara online yang bisa diakses dengan gratis. Sehingga para pekerja masih tetap produktif meskipun berada di rumah.

Layanan ini dapat diakses secara gratis hingga 1 Juli 2020. Google Meet adalah sebuah fitur premium dari software video conferencing Google.

Kelebihan Aplikasi Google Meet

Google Meet yang ditawarkan Google sangat membantu para pekerja yang bekerja dari rumah. Anda dengan mudah dapat bergabung melalui video call di kantor.

Antarmuka yang disediakan Google Meet sangat ringan dan cepat. Untuk pengelolaannya tidak sulit dan bisa diikuti banyak peserta.

Baca juga: Cara Pakai Aplikasi Zoom, Alternatif Meeting Jarak Jauh

Aplikasi dari Google dirancang untuk semua jenis bisnis. Sehingga anda bisa berinteraksi secara langsung dari undangan email atau acara kalender.

Detail acara yang anda butuhkan sudah disediakan. Anda tinggal bergabung dengan ruang conference aplikasi Google Meet dari ponsel atau desktop.

Dalam rapat online sudah terdapat informasi Google Kalender langsung. Sehingga para peserta dapat mengetahui lebih detail dan cepat tentang agendanya.

Adanya Google Meet dapat membantu anda mengikuti rapat kapan saja. Anda tinggal melihat jadwal rapat yang berada di Kalender iOS atau Android. Penggunaan aplikasi dapat diakses melalui paket data atau Wifi.

Agar dapat menggunakan Google Meet, maka sebelumnya harus membuat akun G Suite. Masukkan nama bisnis, jumlah karyawan dan mengisi data diri sebagai admin.

Edisi G Suite aplikasi Google Meet harus disertakan nomor telepon untuk tiap rapat. Dengan demikian, seluruh peserta rapat tidak akan kesulitan saat mengaksesnya.

Para partisipan rapat dapat langsung mengikuti rapat melalui nomor yang disediakan. Caranya hanya dengan mengetuk dua kali pada smartphone.

Cara Menggunakan Google Meet

Google Meet sebelumnya merupakan platform video conference yang berbayar. Namun pihak Google memberikan layanan secara gratis pada salah satu produk premiumnya ini. Hal tersebut karena diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah.

Dalam satu sesi conference, Google Meet dapat mengundang hingga 250 peserta. Selain itu, viewer yang bisa melihatGoogle Meet hingga 100 ribu.

Untuk dapat mengakses aplikasi Google Meet tersebut, anda bisa membukanya melalui laman https://meet.google.com.

Aplikasi ini bisa digunakan dengan desktop atau aplikasi Google Hangouts di iOS maupun Android. Berikut kami sampaikan langkah untuk memakainya.

Smartphone

Bila menggunakan smartphone, pertama yang harus anda lakukan adalah buka aplikasi Google Hangouts Meet di Android atau iOS. Lalu Sign Up memakai email Gmail.

Bila sudah Sign Up, anda bisa langsung memulai percakapan dengan sebuah kelompok. Baik itu secara chat maupun video conference.

Klik icon + yang terdapat di bagian pojok kanan bawah aplikasi Google Meet. Kemudian pilih New Video Call. Selanjutnya anda akan diminta menambahkan partisipan chat dengan email atau nomor handphone.

Baca juga: Belajar di Rumah Lebih Efektif dengan Google Classroom

Jika yang digunakan nomor ponsel, maka undangan conference akan dikirimkan melalui SMS. Sedangkan bila memakai email, maka undangan akan masuk melalui inbox email.

Tunggulah sampai semua orang yang diundang masuk dalam Google Meet. Namun bila anda yang diundang, cukup klik link yang dikirim melalui SMS atau email. Secara otomatis anda akan bergabung menjadi anggota conference.

Desktop

Menggunakan desktop untuk conference dengan cara masuk laman https://meet.google.com/. Kemudian klik Join or Start a Meeting.

Dalam menggunakan aplikasi Google Meet selanjutnya, anda harus menuliskan kode rapat atau judul dari meeting supaya partisipan tidak salah saat akan bergabung. Website sebelumnya akan meminta izin kepada anda untuk mengakses mikrofon dan kamera.

Setelah itu, klik Join Now untuk membuat ruang meeting virtual. Sehingga presentasi dapat dilakukan melalui tampilan layar laptop.

Bila ruang meeting virtual sudah anda persiapkan, maka undang para partisipan meeting. Caranya copy paste video conference. Bisa juga dengan menambahkan alamat email agar para partisipan bisa bergabung dalam conference.

Sosial distancing merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Salah satu caranya adalah dengan bekerja dari rumah.

Selain itu, juga mengurangi interaksi dengan orang lain. Aplikasi Google Meet bisa anda akses dengan mudah dan gratis. (R10/HR-Online)

Loading...