Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Kecilin, Penghemat Kuota Karya Anak Bangsa

Aplikasi Kecilin, Penghemat Kuota Karya Anak Bangsa

Aplikasi Kecilin penghemat kuota karya anak bangsa dikabarkan telah resmi dirilis di Indonesia secara komersil. Aplikasi ini di klaim mampu menghemat pengeluaran data tanpa mengurangi kualitas konten yang dicari.

Pada tahun 2018 aplikasi yang dikembangkan oleh Christofer Farrel Millenio ini berhasil menjuarai Wirausaha Muda Mandiri.

Pada awalnya, aplikasi kecilin ini telah digunakan di berbagai media dan perusahaan untuk menangani permasalahan penyimpanan dan transfer data yang membengkak menggunakan algoritma B2B berupa API.

Kemudian, Farrel berusaha mengembangkan algoritma tersebut supaya lebih bermanfaat untuk orang banyak, khususnya orang-orang berada di daerah dengan internet yang lambat.

Farrel memulai pengembangan Algoritma tersebut sejak Ia duduk di bangku SMA, sampai akhirnya berhasil mengembangkannya menjadi Algoritma B2C.

“Dari algoritma sebelumnya, kenapa enggak kita kembangkan dan dibuat untuk membantu orang-orang seperit di papua bahkan di afrika supaya akses internetnya lebih cepat tapi murah,” kata Farrel.

Kemampuan Aplikasi Kecilin sebagai Penghemat Kuota

Seperti halnya perusahaan yang menggunakan algoritma ini sebelumnya dan mampu menghemat penyimpanan, Kelinci diklaim memiliki kemampuan untuk menghemat kuota hingga 90%.

“Aplikasi ini mampu menghemat kuota hingga 90%, jadi yang biasanya membeli 10GB untuk satu bulan, dengan aplikasi ini bisa di “kecilin” sampai 1GB,” ujarnya.

Saat ini, fitur yang dimiliki oleh Kecilin App sudah mulai diperbaharui dan bisa mengakses berbagai aplikasi populer yang sering digunakan masyarakat Indonesia.

Sekarang pengguna bisa mengakses situs media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Selain itu, seperti halnya Youtube Go, Aplikasi Kecilin juga bisa mengakses Youtube tanpa menguras kuota.

Bahkan Farrel mengatakan, aplikasi buatannya lebih efektif dibandingkan dengan Youtube Go yang menggunakan sistem penurunan resolusi video untuk mengurangi pengeluaran kuota.

“Aplikasi kecilin bisa menghadirkan pemutaran video yang hemat data tampa mengurangi resolusi video, yaitu dengan resolusi 1080p,” jelasnya.

Selain itu, dengan Kecilin App, pengguna juga bisa mengakses situs populer lainnya, seperti Tiktok, LinkedIn dan Wiki dengan lancar atau tanpa Bufferin dan tentunya hemat data.

Aplikasi ini sudah mulai populer bagi para pengguna smartphone, meskipun hanya bisa digunakan pada android 5 keatas, namun telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia.

Aplikasi kecilin ini diunduh dengan mudah melalui Google Play Store dalam dua versi, versi penuh dan versi beta untuk pengembangan. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -