Aplikasi Keuangan Gratis, Kelola Uang Langsung di HP Tanpa Ribet

Aplikasi Keuangan Gratis
Salah satu wujud aplikasi keuangan di ponsel. Foto: Muhafid/HR

Aplikasi keuangan gratis bisa dimanfaatkan untuk manajemen keuangan pribadi maupun perusahaan. Aplikasi keuangan ini memiliki fitur yang menarik dan bisa didapatkan dengan cuma-cuma.

Adanya bantuan aplikasi keuangan akan lebih memudahkan kita  untuk mencatat serta mengarsipkan perputaran uang, baik keuangan pribadi maupun perusahaan.

Selain itu, dengan memantau setiap transaksi yang dilakukan, kita bisa lebih mudah merencanakan keuangan supaya lebih teratur.

Dengan bantuan aplikasi keuangan, semua kegiatan di atas bisa dilakukan dengan baik. Karena meskipun gratis, fitur-fiturnya sudah tersedia.

Aplikasi Keuangan Gratis dengan Fitur Menarik

Berikut beberapa aplikasi keuangan beserta fitur-fiturnya. Aplikasi di bawah bisa anda dapatkan melalui Play Store atau pun situs penyedianya.

1. Finansialku

Finansialku merupakan aplikasi perencanaan keuangan pertama yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi finansialku menyediakan banyak fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai hal dalam hal keuangan.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi finansialku yaitu bisa melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan.

Melalui fitur aplikasi keuangan gratis ini, pengguna bisa merencanakan keuangan untuk berbagai keperluan, seperti keperluan pendidikan, perencanaan modal bahkan keperluan untuk membeli kendaraan.

Aplikasi Finansialku menyediakan versi gratis dan berbayar, untuk versi berbayar seharga 35.000/bulan atau 350.000/tahun.

Aplikasi ini bisa didownload melalui PlayStore dan AppStore untuk pengguna iPhone, atau bisa mendownload langsung melalui situs resminya.

2. Monefy

Kemudian aplikasi keuangan gratis selanjutnya adalah monefy, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur aplikasi sesuai dengan perencanaan keuangan yang diinginkan.

Selain itu, pengguna juga bisa membuat akun yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, misalkan untuk kebutuhan perbankan atau pun kebutuhan pribadi.

Selain fitur di atas, salah satu aplikasi keuangan ini juga memiliki fitur pengelompokan keuangan sesuai kategori seperti, pengeluaran untuk tagihan atau pengeluaran untuk makan.

Untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap, pengguna bisa beralih ke versi berbayar dengan tarif 33.000 per bulan.

3. Wallet

Aplikasi wallet menyediakan fitur-fitur seperti pencatatan keuangan pada umumnya, pencatatan dapat dilakukan secara manual.

Kemudian Aplikasi wallet memungkinkan penggunanya untuk mengekspor hasil pencatatan keuangannya ke file dengan format CSV atau Excel.

Untuk mendapatkan fitur unggulan aplikasi keuangan gratis ini, pengguna diharuskan beralih ke versi berbayar dengan harga 28.000 per bulan atau 379.000 untuk seumur hidup.

4. TemanBisnis

Seperti namanya, Aplikasi teman bisnis ini diperuntukkan untuk menemani bisnis penggunanya, yaitu untuk melakukan pencatatan keuangan dalam usaha.

Aplikasi teman bisnis memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran dari berbagai sumber.

Selain itu pencatatan dalam Aplikasi ini dapat dikelompokkan sesuai dengan kategori yang berbeda-beda.

Kemudian, salah satu fitur unggulan dari TemanBisnis adalah mampu melakukan penghitungan secara otomatis akumulasi keuangan bisnis pengguna.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menghitung laba atau rugi, Utang-piutang ,bahkan mampu menghitung pertumbuhan kas usaha secara periodik.

5. UangKu

Aplikasi keuangan gratis yang terakhir adalah Uangku, aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang baru belajar untuk melakukan pencatatan keuangan.

Fitur yang dimiliki cukup sederhana, namun meskipun sederhana fitur-fiturnya bisa melakukan pencatatan dengan rinci.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini antara lain, bisa menghitung batas pengeluaran per hari sesuai dengan patokan pengeluaran per bulan yang ditentukan pengguna.

Selain itu, aplikasi ini bisa menyajikan daftar transaksi yang dilakukan dalam bentuk kalender dan statistik, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk melacak dan memanajemen keuangan.

Itulah beberapa aplikasi keuangan gratis yang dapat dimanfaatkan, baik untuk memulai belajar mengelola uang atau untuk keperluan bisnis. (Muhafid/R6/HR-Online)