Aplikasi Trace Together, Mendukung Surveilans COVID-19

aplikasi trace together
Aplikasi Trace Together. Foto: Ist/Net

Bersamaan dengan wabah virus Corona yang kini sedang melanda di berbagai wilayah Tanah Air, hadirlah pemanfaatan teknologi baru yaitu aplikasi Trace Together.

Maraknya pandemi virus Corona COVID-19, membuat pemerintah mau tidak mau harus berpikir lebih inovatif lagi untuk menangani kasus tersebut.

Cara yang kini dilakukan adalah dengan memanfaatkan sebuah platform smartphone yang diberi nama Trace Together.

Ide dari penggunaan aplikasi ini adalah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dimana Trace Together dapat dimanfaatkan sebagai tracing atau penelusuran, tracking atau pelacakan, serta fencing virus Corona atau COVID-19.

Aplikasi Trace Together

Mungkin sebagian khalayak umum masih sangat asing dengan adanya aplikasi semacam ini. Namun perlu digaris bawahi bahwa adanya Trace Together ini memberikan dampak positif yang dapat membantu pemerintah dan kita semua untuk melacak virus COVID-19 ini.

Pastinya anda sangat penasaran bukan? Berikut akan kami paparkan untuk anda terkait apa itu yang dinamakan Trace Together beserta fungsi dan cara kerjanya. 

Apa Itu Trace Together?

Trace Together adalah sebuah platform hasil dari pengembangan oleh operator telekomunikasi dalam melakukan pemantauan, pelacakan, serta penyebaran virus Corona yang ada di Indonesia ini.

Secara resmi, pemerintah sendiri telah mengumumkan penggunaan aplikasi Trace Together ini. Tak hanya bekerja sendiri, agar pemantauan yang dilakukan lebih efektif dan efisien, maka telah dilakukan berbagai bentuk kerja sama untuk mendukung keberhasilan penggunaan aplikasi tersebut.

Saat ini, Kominfo bersama-sama dengan Kementerian BUMN, BNPB, Kementerian Kesehatan, serta operator koordinasi secara terpadu melakukan berbagai upaya dalam surveilance dengan menggunakan Trace Together.

Dimana diantaranya melakukan tracking, tracing atau semacam penelusuran acakan, serta fencing atau mengurangi virus COVID-19.

Fungsi Trace Together

Platform yang diberi nama Trace Together ini akan dipasangkan pada smartphone orang yang terbukti positif virus Corona.

Sehingga dapat memberikan penanganan darurat yang tentunya diperlukan oleh positif Corona dengan cepat dan segera.

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Trace Together akan melakukan tracing, tracking, serta fencing.

Hal yang paling penting, dengan menggunakan aplikasi ini pula, bisa dengan mudah memberikan peringatan atau warning jika sekiranya melewati lokasi isolasinya.

Cara Kerja Trace Together

Cara kerja dari aplikasi ini terbilang sangat akurat dalam memberikan berbagai data yang diinginkan guna memantau dan melacak kasus virus Corona yang sedang dihadapi.

Ketika melakukan penyelenggaraan atau pengadaan surveilans terkait virus Corona COVID-19 yang terdiri dari pengumpulan data. Kemudian data yang sudah didapatkan akan diolah.

Setelah itu, berlanjut pada tahap analisis data. Dari analisis data yang sudah menunjukkan hasil akan didiseminasikan sebagai suatu kesatuan yang nantinya tidak akan terpisahkan dalam menghasilkan informasi.

Informasi yang dihasilkan oleh aplikasi Trace Together ini tentunya bersifat objektif, terukur, bisa diperbandingkan dengan antar kelompok masyarakat, antar wilayah, serta antar waktu. Dimana hal ini akan menjadi sebuah bahan pengambilan keputusan.

Dengan adanya aplikasi tracking ini, maka akan menggunakan sebuah aplikasi yang mampu melog pergerakan positf virus Corona selama kurang lebih 14 hari ke belakang.

Menariknya lagi, aplikasi ini dapat terhubung dengan operator seluler lainnya untuk menghasilkan dan menunjukkan visualisasi yang sama.

Berdasarkan hasil tracking serta tracing yang sudah diketahui, maka nomor di sekitar positif virus Corona yang sudah terdeteksi akan diberikan sebuah peringatan atau warning agar segera melakukan dan menjalani protocol ODP atau Orang Dalam Pemantauan.

Cara Trace Together Mengirimkan Informasi

Pelacakan yang dilakukan oleh aplikasi Trace Together ini telah menggunakan data pergerakan smartphone nomor HP atau dengan kata lain menggunakan Integrated Service Digital Network Number berdasarkan data BTS.

Selain itu juga, peringatan yang dihasilkan dapat diberikan melalui SMS blast. Sehingga informasi dapat tersampaikan dengan jauh lebih mudah.

Bukan hanya itu saja, untuk mendapatkan data yang lebih akurat lagi, maka pihak operator sendiri diminta untuk melakukan sebuah optimasi, operasional serta pemeliharaan atau perbaikan (Operation and Maintenance) jaringan telekomunikasi.

Tak ketinggalan juga dengan Base Transceiver Station (BTS) serta alat dan juga perangkat telekomunikasi lainnya. Meskipun demikian, tetap mematuhi kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pembatasan interaksi serta menjaga jarak yang aman (Physical Distancing). Sehingga penggunaan aplikasi Trace Together dapat semakin maksimal. (R10/HR-Online)

Loading...