Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita TerbaruAsal Usul Virus Corona Berdasarkan Ilmu Sains

Asal Usul Virus Corona Berdasarkan Ilmu Sains

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Asal Usul Virus Corona Berdasarkan Ilmu Sains. Berita paling populer yang sedang menjadi perbincangan saat ini adalah mewabahnya Covid-19 dan sedang melanda seluruh dunia.

Covid 19 adalah virus yang disebabkan oleh virus corona yang pertama kali merebak di Kota Wuhan Cina. Virus ini menjadi sangat terkenal karena sudah menyebabkan kematian ribuan orang di seluruh dunia.

Asal Usul Virus Corona

Bukan Virus Buatan

Menurut hasil analisis data dari sekuens genom publik, virus corona yang merupakan penyebab Covid-19 merupakan produk evolusi alami.

Pendapat ini merupakan penelitian terkait proses bagaimana virus corona ini berevolusi. Selain itu, juga dari pola genetik protein lonjakan yang digunakan virus untuk menembus dinding luar sel manusia atau hewan.

Ada dua pendapat yang menyatakan bagaimana virus corona penyebab covid 19 atau yang disebut SARS-cov-2 berevolusi ke dalam tubuh manusia.

Pendapat yang pertama, menyebutkan, virus berevolusi di keadaan patogen melalui seleksi alam di inang non manusia, lalu melompat ke manusia.

Virus ini mirip dengan yang muncul dan pernah mewabah setelah manusia tertular dengan transmisi kelelawar dan musang.

Pendapat yang kedua dengan melihat spike protein SARS-cov-2 yang mengikat sel dan situs pembelahan sel.

Pasalnya, bagian ini yang akan membuka celah untuk virus bisa masuk dan berevolusi ke kondisi patogen sebelum masuk dalam tubuh manusia atau hewan.

Kondisi ini mirip dengan yang terjadi saat mewabahnya virus flu burung.

Hasil penelitian ini mematahkan pendapat yang mengatakan asal usul virus corona sebagai penyebab covid-19 adalah hasil rekayasa genetika untuk kebutuhan senjata biologis.

Hal ini diperkuat dengan tidak ditemukannya kemiripan virus corona penyebab covid-19 dengan virus corona yang pernah mewabah sebelumnya.

Sifat Virus Corona

Virus corona yang sedang mewabah saat ini berbeda dengan virus corona yang pernah mewabah sebelumnya. Penyebab covid-19 atau yang disebut SARS-cov-2 memiliki sifat yang berbeda dengan virus corona yang pernah ada.

SARS-cov-2 mampu bertahan hidup lebih lama pada kondisi lembab dan suhu udara dingin. Sebaliknya virus ini akan segera mati bila terkena paparan sinar matahari.

Virus SARS-cov-2 juga mampu memperkuat bagian protein lonjakan dengan berevolusi yang sangat efektif untuk menargetkan fitur molekul di bagian luar sel manusia.

Keadaan ini membuat manusia atau hewan dengan kondisi tubuh yang tidak fit akan mudah terinfeksi oleh virus corona.

Virus corona juga mudah sekali menyebar diantara populasi manusia maupun hewan. Dengan begitu, virus corona mudah menyerang manusia meski hanya dengan sentuhan tangan.

Untuk itu, saat ini sangat dianjurkan untuk menjaga pola hidup bersih dengan membiasakan mencuci tangan memakai sabun.

Dengan mengetahui asal usul virus corona, anda disarankan untuk menghindari bepergian di tempat umum untuk membantu memutuskan rantai penyebaran virus corona. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru