Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan

Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan
Ilustrasi perut buncit. Foto: Net/Ist

Bahaya perut buncit bagi kesehatan bukanlah isapan jempol semata. Bahaya perut tersebut, selain menyerang pada kesehatan tubuh, juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

Meski banyak orang bilang bahwa orang yang perutnya buncit pertanda subur makmur, namun tidak sedikit juga orang yang mengatakan bahwa orang yang perutnya buncit, pertanda orang yang tidak bisa menjaga kestabilan tubuh dan pola makan yang kurang teratur.

Bagi sebagian perempuan, terkadang ada yang menyukai laki-dengan perut buncit atau pun sebaliknya. Tapi terlepas dari itu semua, alangkah baiknya lupakan sejenak soal rasa suka pada lawan jenis yang memiliki perut buncit, dan ketahuilah bahaya yang akan menyerang bagi orang-orang yang memiliki perut buncit.

Bahaya dari perut buncit disebabkan karena adanya penyimpanan lemak berlebih dalam perut. Lemak tersebut terdiri dari dua macam lemak, yaitu, lemak subkutan yang posisinya berada pada bawah lapisan kulit, dan lemak viseral yang posisinya berada pada sekitar organ tubuh sehingga kurang terlihat.

Jika dibandingkan antara kedua lemak tersebut, tentu lemak Viserallah yang sangat berbahaya dan sangat berisiko pada penyakit tertentu yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Perut buncit terjadi disebabkan karena konsumsi makanan yang kurang teratur dan berlebihan. Apalagi jika konsumsi makanannya yang syarat akan gula dan kolesterolnya, ditambah lagi sangat jarang berolahraga, tentu lemak di tubuh akan menumpuk banyak dan menyebabkan perut buncit.

Selain itu, kurangnya pola waktu beristirahat pada malam hari, terlalu banyak pikiran sehingga menimbulkan stress, itu sangat berpengaruh sekali pada perut buncit.

5 Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan

Ada beberapa bahaya yang disebabkan karena perut membuncit, di antaranya:

1.  Berpotensi Pada Penyakit Jantung

Bahaya perut buncit  yang pertama adalah perut buncit akan berpotensi pada penyakit jantung. Hal tersebut terjadi karena menumpuknya lemak viseral pada tubuh.

Lemak tersebut akan memicu pada peradangan organ tubuh serta mengaktifkan kinerja racun dalam tubuh. Komponen kimiawi dalam lemak tersebut mengandung zat Sitolkin.

Zat tersebutlah yang akan menimbulkan orang yang perut buncit berpotensi pada serangan jantung.

2.  Berpotensi Pada Penyakit Stroke

Bahaya perut buncit yang kedua adalah perut buncit dapat berpotensi pada penyakit stroke. Hal itu terjadi karena lemak viseral yang hinggap sekitar organ tubuh, berkaitan erat dengan tingginya angka kolesterol LDL atau yang sering disebut lemak jahat dalam tubuh.

Lemak jahat tersebut akan bergerak dan menyumbat pada wilayah pembuluh darah di sekitar otak dan berpotensi menyebabkan penyakit stroke.

3.  Berpotensi Pada Penyakit Diabetes Tipe 2

Bahaya perut buncit yang ketiga adalah perut buncit dapat berpotensi pada penyakit Diabetes Tipe 2.

Hal tersebut terjadi karena lemak viseral yang menumpuk pada tubuh, akan menghasilkan retinol-binding protein yang dapat mengganggu kerja insulin dan pada akhirnya berpotensi pada risiko Diabetes Tipe 2.

Meski sebagian orang perut buncit tidak ada yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami penyakit diabetes, namun perlu juga berhati-hati.

4.  Berpotensi Pada Penyakit Darah Tinggi

Bahaya perut buncit yang keempat adalah perut buncit dapat berpotensi pada tingginya tekanan darah.

Hal tersebut terjadi karena lemak viseral juga menguasai dan mempengaruhi organ tubuh yang sangat penting untuk mengatur tekanan darah, seperti ginjal dan kelenjar adrenal.

Sehingga, lemak viseral tersebut akan menyebabkan tekanan darah yang dihasilkan semakin tinggi.

5.  Berpotensi Pada Penyakit Kanker

Bahaya perut buncit yang kelima adalah perut buncit dapat berpotensi pada penyakit Kanker. Hal tersebut tejadi karena zat sitolkin yang dihasilkan oleh lemak viseral menyebabkan peradangan pada tubuh. Peradangan tersebut juga akan berefek pada sel sehat yang berubah menjadi sel kanker.

Selain itu, sebagian para peneliti juga mengatakan bahwa lemak viseral yang sangat berbahaya itu menghasilkan zat FG2 (fibroblast growth factor-2) lebih banyak.

Sehingga sel tubuh yang dikatakan masih normal pun secara perlahan akan berubah menjadi sel kanker.

Kanker yang banyak terjadi diakibatkan oleh perut buncit adalah kanker kolorektal dan kanker payudara.

Jadi, jika kamu sudah mengetahui bagaimana bahaya perut buncit bagi kesehatan, segeralah rubah perilaku kebiasaan  burukmu. mulailah mengatur pola makan hidup sehat yang simbang dan tidak berlebihan, lakukanlah kebiasaan berolahraga yang teratur dan beristirahatlah dengan cukup, sebelum penyakit yang berbahaya menyerang. (Muhafid/R6/HR-Online)