Bahaya Sering Melamun, Bisa Menimbulkan Stress

Bahaya Sering Melamun
Ilustrasi melamun. Foto: Net/Ist

Bahaya sering melamun bagi setiap orang ternyata memiliki dampak yang lumayan serius bagi psikologis manusia. Bahaya tersebut biasanya terjadi saat manusia tidak memiliki gairah.

Melamun tak mengenal waktu dan tempat. Artinya melamun dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kadang kala melamun bisa terjadi tanpa disadari oleh orang itu sendiri, sehingga pikiran dan tatapan kosong menghampiri.

Namun ternyata, banyak orang yang belum tahu bahwa melamun memiliki dampak lain dan berpengaruh terhadap pribadinya.

Bahaya Sering Melamun

Melamun terkadang menjadi sesuatu yang cukup menyenangkan di saat bingung mau mengerjakan apa. Namun ada beberapa efek yang terjadi bila terlalu sering melamun. Berikut beberapa dampaknya.

Sering Merasa Malas

Malas biasanya sering terjadi ketika setelah usai melamun yang negatif. Kalau sudah seperti itu, orang biasanya malas untuk beraktifitas ke sana-kemari, sehingga banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Maka, jika anda sudah tahu bahwa bahaya sering melamun akan menjadi orang menjadi pemalas, hindarilah dari sekarang.

Konsentrasi Hilang

Manusia diberikan akal oleh sang pencipta, fungsinya adalah untuk berpikir. Namun bagaimana jika proses berpikir kita terganggu atau hilang konsentrasi? Tentunya menjadi orang yang merugi.

Salah satu dari bahaya sering melamun adalah hilangnya konsentrasi. Orang biasanya ketika sedang melamun terkadang jika sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya, orang tersebut seolah tidak mengetahui dan mendengar apa-apa.

Sehingga tidak dapat menangkap informasi dari lawan bicara, karena pikirannya sedang tidak konsentrasi atau membayangkan hal lain.

Maka, jika sudah tahu bahwa bahaya sering melamun mengakibatkan konsentrasi seseorang menjadi hilang, lebih baik hindari saja dari sekarang.

Kurang Tindakan

Tidak menutup kemungkinan, biasanya saat kita melamun biasanya sering muncul ide-ide baru atau bahkan solusi. Saat banyak persoalan, kita kadang tidak sadar sering melamun memikirkan persoalan dan berusaha mencari solusi.

Namun sayangnya ide dan solusi yang muncul saat melamun kadang hanya seperti angin berlalu. Kita biasanya hanya terus terlena dengan lamunan tanpa ada tindakan yang nyata. Maka, hindarilah melamun agar kita memiliki tindakan nyata.

Kosong Pikiran

Ada sebuah peribahasa mengatakan, “jangan sering melamun, nanti bisa-bisa kamu kesambet”. Peribahasa tersebut terlihat seperti main-main. Namun jika disadari memang benar peribahasa tersebut.

Orang yang sering melamun kadang kosong pikirannya. Tubuhnya ada ditempat, namun pikirannya melayang kemana-mana.

Di beberapa kejadian dan media, orang yang kosong pikiran rentan terjadi kesurupan. Maka, hindarilah melamun dan perbanyak bergaul dengan orang-orang sekitar, agar jiwa sosialmu tumbuh dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Mengakibatkan Stress

Bagi yang suka melamun, hati-hati stress bisa melanda. Apalagi jika melamunnya memang tak memiliki batasan. Stress diakibatkan karena terlalu banyak pikiran dan hilangnya konsentrasi yang berakibat banyak melamun. Maka, tinggalkan kebiasaan melamun sebelum anda dikatakan sebagai orang stress.

Melihat dari beberapa akibat bahaya sering melamun, maka tinggalkanlah dari sekarang agar kamu tidak menjadi orang yang merugi. Berbuatlah hal-hal yang bermanfaat agar kamu menjadi manusia yang berguna. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...