Jumat, Mei 20, 2022
BerandaArtikelBahaya WiFi Publik, Ancaman Peretasan Mengintai!

Bahaya WiFi Publik, Ancaman Peretasan Mengintai!

Bahaya WiFi publik seringkali tidak disadari oleh banyak orang, terkhusus kalangan remaja. Padahal WiFi publik bisa dimanfaatkan para hacker untuk memancing data penggunanya.

Teknik memancing atau phishing merupakan salahsatu teknik hacking yang seringkali menimbulkan kerugian dan masalah yang sangat serius.

Masalah tersebut bisa terjadi karena teknik phising bisa digunakan hacker untuk memancing banyak hal, selain itu teknik ini sangat efektif digunakan pada WiFi publik.

Bahaya WiFi publik bagi pengguna yang kebetulan berada dalam jaringan yang sudah dibajak, bisa mengalami malaslah seperti kehilangan akun media sosial hingga pencurian data-data pribadi.

Sementara itu, seiring dengan semakin banyak penyedia WiFi publik, seperti kafe, WiFi Corner dan supermarket, menyebabkan banyak penggunanya tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan.

Selain karena tidak menyadari bahayanya, kecerobohan penggunaan jaringan juga merupakan penyebab masalah-masalah di atas bisa terjadi.

Bahaya WiFi Publik Bagi Pengguna

Berikut ulasan bagaimana serangan tersebut bisa terjadi dalam jaringan WiFi publik sehingga dapat membahayakan penggunanya.

Awal mula kemunculan ini, berawal dari serangan Man In The Midle (MitM) bisa diibaratkan seperti pembegalan namun terjadi di dalam jaringan dan secara tidak terlihat.

Melalui serangan ini, Hacker bisa menyerang secara spesifik terhadap satu target atau menyerang semua perangkat yang terhubung dalam jaringan.

Dalam serangan ini, perangkat yang ingin terhubung melalui switch terhadap satu situs, kemudian dicegat dan dialihkan atau redirect terhadap jaringan atau server yang dikehendaki hacker.

Ancaman bahaya WiFi publik ini, Jaringan tersebut bisa berupa situs lain selain situs tujuan, jaringan yang mengandung maleware atau halaman phising.

Ketika perangkat korban berhasil terhubung ke jaringan atau situs yang dikehendaki hacker, maka berbagai serangan dapat terjadi di dalamnya, salah satu di antaranya adalah serangan phishing.

Dialihkan Terhadap Halaman Phising (Umpan)

Halaman phising biasanya berupa halaman login, baik berupa halaman login media sosial, halaman login situs bahkan halaman login internet banking.

Halaman dalam bentuk ini bertujuan untuk mencuri nama pengguna dan sandi, sehingga si hacker bisa mengambil alih sebuah akun.

Ketika korban berusaha login melalui halam palsu, maka username dan sandi yang dimasukan akan terkirim atau terbaca di komputer hacker.

Kemudian, ketika pengguna men-klik tombol login atau submit, proses login akan gagal atau justru malah mendownload malware atau virus.

Tips Agar Tidak Menjadi Korban Bahaya WiFi Publik

1.  Kurangi Penggunaan WiFi Publik

Mengurangi penggunaan WiFi publik bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko menjadi korban.

Jaringan seluler atau jaringan WiFi pribadi akan menjadi jaringan yang cukup aman untuk berselancar di dunia internet.

2.  Tidak melakukan transaksi menggunakan WiFi publik

Melakukan transaksi seperti Internet Banking atau Transaksi di Online Shop menggunakan WiFi publik akan sangat berbahaya.

Karena selain melalui phising, masih ada banyak serangan lain yang bisa terjadi dalam WiFi publik sehingga dapat membahayakan transaksi.

3.  Menggunakan VPN Berbayar

Virtual Private Network bisa bisa mengamankan lalulintas data dalam satu jaringan, namun sangat tidak disarankan menggunakan VPN yang gratisan.

Menggunakan VPN gratisan atau bahkan abal-abal justru bisa memperbesar resiko terkena serangan, sehingga bahaya WiFi publik sangat berisiko.

4.  Tidak melakukan login pada halaman dengan URL tidak sesuai atau aneh

Halaman login palsu biasanya memiliki Url yang aneh dan tidak sesuai dengan halaman yang kita tuju.

Namun ketika mendapati terhubung dengan Url tersebut atau tidak memiliki tanda gembok, coba tulis ulah url tersebut dengan menambahkan huruf https:// di depannya.

Hal ini penting karena, mayoritas halaman palsu atau halaman phising menggunakan portal HTTP saja atau menggunakan URL yang aneh.

Bahaya WiFi publik ini bisa dicegah dengan tetap berhati-hati dan tetap teliti, Beberapa tips diatas bisa digunakan untuk mencegah resiko menjadi korban peretasan. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -